Home Info Satgas Covid-19 Temanggung Targetkan Vaksinasi Covid Februari 2021

Temanggung Targetkan Vaksinasi Covid Februari 2021

Temanggung, Gatra.com - Pemerintah Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah akan melaksanakan vaksinasi pada bulan Februari 2021. Penyediaan vaksin sudah ada di Pemprov Jateng dan tinggal menunggu penyalurannya.

“Vaksin rencananya Februari. Saat ini sudah sampai di Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Kita tinggal menunggu pengiriman ke Temanggung dan menunggu petunjuk untuk distribusinya,” kata Bupati Temanggung Muhammad Al Khadziq, Senin (18/1).

Khadziq menyebut saat ini pihak Dinas Kesehatan juga sudah menyiapkan tim khusus untuk melaksanakan vaksinasi. Termasuk persiapan tim pasca dilakukan vaksinasi, serta perangkat yang ada di lapangan.

Bupati Khadziq menyebut di wilayahnya untuk awal-awal yang akan di vaksin adalah pimpinan Forkompinda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah), disusul yang lain-lain sesuai petunjuk pemerintah pusat.

"Berdasarkan rapat kemarin yang pertama-tama nanti Forkompinda. Itu berdasarkan rapat kemarin bersama Pak Dandim dan Pak Kapolres, Forkompinda akan kita vaksinasi terlebih dahulu, baru yang lain sesuai petunjuk pemerintah pusat," katanya.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah Khabib Mualim menuturkan, berdasarkan perhitungan sasaran total vaksinasi adalah 473.104 orang. Dari jumlah tersebut terinci 3.288 nakes dan non nakes, lalu pelayanan publik sebanyak 27.868, masyarakat rentan 253.597, masyarakat umum pelaku ekonomi 94.797, lansia 93.554.

"Tahap pertama kita dapat 1.157 vial / botol dan ini cukup untuk sasaran tahap pertama. Tujuan vaksinasi adalah untuk pencegahan dan kematian akibat Covid-19, melindungi dan melindungi sistem kesehatan secara menyeluruh, serta menjaga kesehatan dan dampak sosial ekonomi," terangnya.

239