Home Teknologi Yuk Lihat Purnama Serigala, Melolong Lihat Bulan atau Setan?

Yuk Lihat Purnama Serigala, Melolong Lihat Bulan atau Setan?

Jakarta, Gatra.com- Bulan purnama pada Januari dikenal sebagai bulan serigala. Siklus bulan purnama selama sekitar tiga hari, dari Rabu hingga Sabtu pagi (27-30 Januari), menurut NASA. Livescience, 28/01.

Bulan purnama akan sangat cerah, Anda bisa menatap ke atas ke langit malam (semoga cerah) untuk melihatnya. Jika Anda memiliki akses ke teropong atau teleskop, Anda mungkin dapat melihat beberapa fitur bulan, seperti Sea of Tranquility atau Copernicus Crater yang cerah, lapor NASA .

Jika pada malam berawan, Anda selalu dapat melakukan tur virtual bulan dengan Moon Trek , yang dikelola oleh Jet Propulsion Laboratory NASA di Pasadena, California. Dengan Moon Trek, Anda dapat melihat situs pendaratan bersejarah dari misi Apollo, serta pemandangan bulan lainnya.

Untuk melihat umpan langsung bulan serigala purnama bulan Januari terbit di atas Roma, Proyek Teleskop Virtual memiliki siaran web gratis, yang dimulai pada pukul 10:45 pagi EST (15:45 UTC) pada Kamis dan dijalankan oleh ahli astrofisika Italia Gianluca Masi.

Jadi, bagaimana bulan purnama Januari bisa disebut bulan serigala? Maine Farmer's Almanac yang sekarang sudah tidak ada lagi, memberi nama bulan purnama setiap bulan yang dikumpulkan dari penduduk asli Amerika, kemungkinan besar dari bahasa Algonquin, menurut NASA. Namun, Almanak mengambil banyak kebebasan dalam skema penamaannya, dan tidak jelas dari mana asal nama "bulan serigala".

"Dari apa yang saya pelajari tentang nama-nama tradisional yang diberikan pada bulan purnama sebelum pengenalan penunjuk waktu modern, para pemimpin lokal biasanya akan memutuskan nama bulan berdasarkan kondisi pada saat itu," Gordon Johnston, seorang eksekutif program di Markas Besar NASA, menulis dalam sebuah posting .

"Budaya ini umumnya tidak membutuhkan kalender yang menentukan tanggal pasti jauh sebelumnya. Nama bulan purnama digunakan untuk menggambarkan dan mengingat apa yang terjadi di masa lalu dan untuk mengingatkan apa yang mungkin akan terjadi dalam waktu dekat," katanya.

Selain itu, "ada banyak nama penduduk asli Amerika yang berbeda untuk bulan purnama," kata Johnston.

Dalam kasus ini, nama bulan serigala mungkin merupakan nama Eropa kuno untuk bulan pertengahan musim dingin, tulis Johnston. Dan nama Sioux untuk bulan Januari diterjemahkan menjadi "serigala berlari bersama bulan," menurut Indian Country Today, sebuah kantor berita yang meliput penduduk pribumi di Amerika.

Serigala tidak selalu melolong saat bulan purnama. Lantas mengapa serigala melolong? Benarkah karena melihat setan? Serigala melolong untuk mengekspresikan biasanya salah satu dari dua hal. Yaitu untuk mengingatkan kelompok saingan yang masuk tanpa izin di wilayah mereka. Atau untuk memandu serigala yang hilang kembali ke kawanan, Demikian laporan Live Science sebelumnya.

Bagaimanapun jika Anda memilih untuk menonton bulan serigala, kami harap Anda tidak tersesat. Meskipun Anda bisa melolong pada teman atau keluarga Anda jika Anda berpisah. Tandai kalender Anda, tanggal untuk melihat bulan purnama berikutnya yang dikenal sebagai bulan salju, yang akan bersinar terang pada 27 Februari 2021.

2552