Home Info Satgas Covid-19 Hore! Tempat Hiburan di Semarang Bisa Buka Sampai 23.00

Hore! Tempat Hiburan di Semarang Bisa Buka Sampai 23.00

SemarangGatra.com - Pemerintah Kota Semarang mengklaim, kasus Covid-19 mengalami penurunan yang cukup menggembirakan. Untuk itu Pemkot Semarang berencana melonggarkan sejumlah aturan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PKM).

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi menyatakan, tingkat penambahan pasien Covid-19 di Kota Semarang sekarang sudah di bawah 100.

"Sebelumnya tren penambahan positif Covid-19 di Kota Semarang setiap harinya tercata lebih dari 100 kasus, kini tren itu telah turun menjadi sekitar 86 kasus per hari," katanya, di Balikota Semarang, Senin (8/2).

Dia menyebutkan, pada tanggal 25 Januari lalu total kasus aktif ada di angka 786 orang, kemudian angka yang terkonfirmasi positif covid mengalami penurunan, tepatnya pada tanggal 7 Februari menjadi 665.

Namun demikian, meski mengalami penurunan, jumlah pasien Covid-19, angka kematian di Kota Semarang akibat Covid-19 masih tinggi. Angka kematian Kota Semarang sendiri sekitar 7,3%, sedangkan angka kematian nasional sekitar 5%. Sehingga pihaknya akan tetap melakukan sejumlah pengawasan PKM untuk menekan penyebaran virus.

Dengan penurunan tersebut Pemkot pun akan melakukan pelonggaran beberapa poin PKM. Diantaranya adalah untuk warung, PKL, Restoran, serta tempat hiburan sudah boleh buka sampai pukul 23.00. Kemudian Mal yang sebelumnya dibatasi hanya boleh buka sampai pukul 20.00 sekarang sudah bisa buka sampai pukul 21.00.

"Kemudian untuk 7 ruas jalan yang sebelumnya diberlakukan pengalihan juga akan dinormalkan kembali. Juga untuk kegiatan sosial budaya seperti seminar, diskusi, maupun pernikahan pun kembali diperbolehkan dengan pembatasan," katanya.

Meski memberikan pelonggaran, Hendi menegaskan, setiap kegiatan yang dilakukan maksimal dihadiri oleh 100 orang atau maksimal 50% dari kapasitas ruangan. jika kapasitas ruangannya 100 orang, maka boleh dihadiri 50 orang dan jika kapasitas gedungnya 1.000 orang tetap maksimal hanya 100 orang.

1112