Home Politik KPU Akhirnya Tetapkan Surya-Taufik Bupati Asahan

KPU Akhirnya Tetapkan Surya-Taufik Bupati Asahan

Asahan, Gatra.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Asahan akhirnya menetapkan pasangan Surya-Taufik  menjadi Bupati dan Wakil Bupati Asahan terpilih hasil Pilkada Asahan tahun 2020. 

Ketetapan tersebut diputuskan dalam rapat pleno terbuka Komisi Pemilihan Umum (KPU) Asahan, dengan nomor keputusan 23/PL.02.7-  Kpt/1209/KPU-Kab/II/2021 tentang Penetapan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Terpilih dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Asahan tahun 2020.

Surya-Taufik, Paslon nomor urut 02 ditetapkan menjadi pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati terpilih dengan perolehan suara terbesar dalam Pilkada Asahan tahun 2020.  

KPU Asahan menyatakan, pasangan ini menang dalam perolehan suara dari tiga konstentan Pilkada Asahan Tahun 2020, dengan jumlah perolehan suara sebanyak 139.005 suara. 

Pasangan ini didukung oleh 6 partai politik yakni Partai Golkar, PPP, PAN, Partai Demokrat, PKPI, dan Perindo. 

 "H Surya dan Taufik ZA Siregar  ditetapkan sebagai Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Asahan sejak ditetapkan hari ini pada tanggal 19 Februari 2021,” ujar Ketua KPU Asahan Hidayat, yang digelar di hotel Marina Kisaran, Jumat (19/2).

Sebelumnya hasil Pilkada Asahan tahun 2020 sempat digugat ke Mahkamah Konstitusi (MK) yang diajukan oleh pasangan calon Bupati-Wakil Bupati Asahan nomor urut 1, Brigjen TNI (purn) Nurajizah dan Hendri Siregar. Namun MK menggugurkan perkara sengketa Pilkada tersebut. 

Rapat pleno terbuka penetapan pasangan calon terpilih tersebut dihadir oleh Plh. Bupati Asahan, Kapolres Asahan dan unsur Forkopimda, Komisioner  KPU Sumatera Utara Syafrialsyah, Bawaslu Kabupaten Asahan, serta pasangan calon nomor urut 02 H. Surya - Taufik Zainal Abidin beserta Istri dan pimpinan partai politik.

Hidayat menegaskan, dengan digelarnya rapat pleno penetapan pasangan calon terpilih ini, tugas KPU Asahan telah selesai. 

“Kami akan segera menyampaikan surat pengantar, dan surat keputusan berita acara  kepada pimpinan DPRD, untuk proses pengusulan pelantikan Bupati-Wakil Bupati Asahan ke Mendagri melalui Gubsu,” katanya. 

Sementara itu Kapolres Asahan, AKBP Nugroho Dwi Karyanto, SIK menyampaikan apresiasinya kepada semua elemen masyarakat. Perwira polisi ini menilai, pelaksanaan Pilkada Asahan tahun 2020 berjalan sangat kondusif karena peran serta masyarakat. 

"Rapat Pleno Penetapan Pasangan Calon terpilih Bupati dan Wakil Bupati  Asahan yang digelar hari ini adalah puncak pelaksanaan Pemilukada Kabupaten Asahan tahun 2020," ujarnya. 

1171