Home Info Satgas Covid-19 Vaksin Tahap II Dimulai di Banyumas, Jatah 12.750 Dosis

Vaksin Tahap II Dimulai di Banyumas, Jatah 12.750 Dosis

Banyumas, Gatra.com- Vaksinasi Covid-19 tahap dua di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, telah dimulai. Kali ini, Banyumas hanya mendapat jatah 12.750 dosis untuk 6.375 sasaran.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Banyumas Sadiyanto mengatakan, vaksin tahap ini dilayani di 59 fasilitas kesehatan (faskes), baik rumah sakit, puskesmas dan klinik. Penyuntikan termin kedua rencananya akan dilakukan 14 hari setelah penyuntikan pertama. "Pemberian vaksin tahap kedua termin kesatu diberikan sejak Selasa (23/2)," kata Sadiyanto melalui pesan singkat, Rabu (24/2).

Sadiyanto mengatakan, vaksin yang tiba di Banyumas 11 persen dari total jumlah penerima vaksin yang diusulkan sebanyak 59.000. Pihaknya memprioritaskan penyuntikan vaksin tahap dua ini untuk pelayan publik dan masyarakat umum yang berhubungan dengan banyak orang.

Menurutnya, sasaran pada tahap kedua ini yaitu, anggota TNI, Polri, pedagang pasar, tokoh agama, dan tenaga kesehatan (nakes) yang belum divaksin. "Pada tahap dua ini, sebagian harus dialokasikan untuk tenaga kesehatan yang pada tahap pertama belum mengikuti vaksin. Jumlahnya sekitar 1.000 orang," jelasnya.

Untuk pelayanan penyuntikan vaksin Covid-19 ini, dilakukan pada beberapa titik fasilitas kesehatan untuk menghindari antrean. Pelayanan seperti halnya pelayanan kesehatan yang lain.

Mereka yang sudah masuk data base dapat menerima vaksin yang terbagi pada sejumlah lokasi vaksinasi. Contohnya untuk pegawai negeri sipil di lingkungan Setda Banyumas, lokasi vaksin di Puskesmas Purwokerto Utara 1. Sedangkan lainnya, seperti petugas Pemadam Kebakaran dan Satpol PP dilakukan di RS Elisabeth Purwokerto.