Home Info Satgas Covid-19 HUT BNPB ke-13, BNPB Berikan Penghargaan Rakornas PB 2021

HUT BNPB ke-13, BNPB Berikan Penghargaan Rakornas PB 2021

Jakarta, Gatra.com- Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaksanakan Rapat Koordinasi Nasional Penanggulangan Bencana Tahun 2021 dengan tema “Tangguh Menghadapi Bencana”. Sekaligus memberikan penghargaan penanggulangan bencana kepada pemerintah daerah, media, dunia usaha, masyarakat, dan perguruan tinggi yang diselenggarakan pada Rabu (10/03/2021).

Penerima penghargaan dari kategori pemerintah daerah yaitu Provinsi Papua Barat, Kota Ambon, Kabupaten Aceh Besar, dan Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Sedangkan untuk kategori dunia usaha terdapat Garuda Indonesia dan Bank Danamon.

Pada kategori organisasi masyarakat, diraih oleh Perhimpunan Indonesia-Tionghoa (INTI), United Nations International Children's Emergency Fund (UNICEF), Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), dan Ikatan Alumni Universitas Indonesia (ILUNI).

Untuk kategori perguruan tinggi didapatkan oleh Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM), dan Universitas Tadulako. Kemudian untuk kelompok media terdapat Kompas, Metro TV, Harian Jogja, Lombok TV, MNC Trijaya, Detik.com, dan RRI.

Penghargaan tersebut diharapkan dapat penyemangat untuk semakin berkontribusi dalam penanggulangan bencana. Kepala BNPB Doni Monardo mengingatkan untuk selaku menerapkan kolaborasi pentahelix. Dengan itu, maka tercipta harmonisasi antara pemerintah daerah dan pemerintah pusat, dunia usaha, serta kalangan media.

“Pada rakornas di Sentul, Presiden telah mengatakan pentingnya mitigasi dan pencegahan. Kedua aspek itu masih terngiang-ngiang. Pencegahan jangan terlambat dan segera lakukan langkah antisipasi. Kebijakan nasional dan daerah harus sensitif. Harus terukur dari segi pengendalian untuk memastikan semua berjalan dengan baik di lapangan,” tuturnya.

Menurutnya, kebijakan tata ruang penting guna menghadapi bencana. Bangsa Indonesia tergolong tangguh dan tanggap terhadap bencana. Doni juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang mengikuti rakornas dengan tekun. Acara ini sekaligus sebagai peringatan ulang tahun BNPB yang ke-13.