Home Info Satgas Covid-19 Pemerintah Targetkan 5000 Vaksinasi per Hari

Pemerintah Targetkan 5000 Vaksinasi per Hari

Surabaya, Gatra.com- Menteri BUMN Erick Thohir meninjau vaksinasi untuk lansia di Surabaya. Erick menyatakan apresiasinya dan menetapkan target vaksinasi untuk 5000 orang per hari.

"Kami menargetkan sentra vaksinasi sebanyak lima ribu orang per hari. Saya yakin, Jawa Timur dapat (memvaksin) sesuai demgan targetnya," kata Erick kepada wartawan di Surabaya, Minggu (28/3).

Erick berpendapat bahwa target tersebut seharusnya dapat terpenuhi karena target vaksinasi sebanyak 8000 orang per hari dapat terlaksana di Jakarta. Pun akan lebih baik apabila proses vaksinasi di Jawa Timur mampu mencakup lebih dari 5000 orang per hari.

Untuk itu, ia meminta semua pemerintah daerah dan satuan gugus tugas di seluruh lokasi vaksinasi se-Jawa Timur untuk memenuhi target tersebut. Erick juga meminta pemerintah daerah menyertakan para pegawai yang kontak langsung dengan masyarakat dalam vaksinasi tersebut, selain lansia.

"Karena itu juga melibatkan bagaimana sentra vaksinasi ini bisa mempercepat (vaksinasi) penduduk lansia. Ataupun nanti tambahan penugasan kalau memang garda terdepan lainnya yang harus dilakukan vaksinasi ini," kata Erick.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyatakan telah memprioritaskan lansia pada penyelenggaraan vaksinasi yang masih berlangsung hingga kini. Khofifah juga menyatakan sudah memaksimalkan fungsi semua layanan kesehatan untuk menggelar vaksinasi.

"Ada penguatan proses vaksinasi di Jawa Timur. Terutama di Surabaya sebagai epicentrum. Para lansia diprioritaskan karena kami sudah mendapat porsi vaksin yang lebih banyak. Begitu juga layanan kesehatan lain tetap dimaksimalkan," kata Khofifah.

Dengan situasi tersebut, Khofifah memastikan bahwa stok vaksin untuk warga Jawa Timur seluruhnya dalam jumlah yang aman. Sehingga, dirinya optimis upaya percepatan proses vaksinasi dapat dilakukan untuk memenuhi target tersebut.

Senada, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menyatakan bahwa saat ini proses vaksinasi Covid-19 sedang berlangsung untuk warga lansia. Untuk itu, Eri siap memenuhi target vaksinasi 5000 orang per hari tersebut.

"Hari ini ada vaksinasi bagi warga lansia di Surabaya. Sehingga, lansia yang belum terlayani, hari ini dapat kami vaksin. Untuk itu, (target vaksinasi) lima ribu orang per hari, dapat terwujud," kata Eri.

Eri mengatakan, target tersebut tidak hanya akan diupayakan oleh pemerintah kota Surabaya saja. Ia berharap ada peran serta pemerintah provinsi Jawa Timur dalam mencapai target vaksinasi tersebut.