Home Gaya Hidup Kota Bogor Tuan Rumah Kongres, Gibran Presedium JKPI 2021

Kota Bogor Tuan Rumah Kongres, Gibran Presedium JKPI 2021

Siak, Gatra.com – Kongres ke-5 Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI) tahun ini akan dilaksanakan di Kota Bogor, Jawa Barat. Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, didapuk sebagai salah satu presedium acara tersebut.

"Ada tiga presidium JKPI, yakni Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, Bupati Karang Asem I Gusti Ayu Mas Sumatri, dan kita [Bupati Siak]," kata Bupati Siak, Alfedri, menjawab konfirmasi Gatra.com pada Senin (29/3).

Alfedri menjelaskan, penetapan Kota Bogor menjadi tuan rumah sesuai hasil keputusan kongres JKPI 2020 di Kabupaten Siak pada Desember lalu. Sementara itu, Kota Banda Aceh ditunjuk sebagai tuan rumah prakongres pada 29-30 Maret.

"Penetapan ini [kongres dan pra kongres] merupakan wujud dari komitmen kita bersama saat kongres di Siak Desember tahun lalu," kata Ketua DPW PAN Riau tersebut.

Untuk diketahui, acara JKPI ini pertama kali digelar di Kota Solo tahun 2008 silam. Tujuan didirikannya organisasi ini, untuk menjaga kelestarian benda cagar budaya (BCB) peninggalan sejarah di Indonesia.

Salah satu inisiator organisasi ini ialah Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) yang kala itu menjabat Wali Kota Solo. Saat ini, tak kurang dari 33 kabupaten/kota tergabung dalam organisasi tersebut.

1593