Home Kesehatan Sunscreen Penting buat Kulit, Ini Manfaatnya

Sunscreen Penting buat Kulit, Ini Manfaatnya

Jakarta, Gatra.com- Di masa pandemi ini, menjaga kesehatan menjadi salah satu aspek yang paling utama, tidak terkecuali menjaga kesehatan kulit kita. Seperti dijelaskan Spesialis Kulit, dr.  Litya  Ayu  Kanya  Anindya  Sp.KK,FINS  DV, penggunaan sunscreen  sangat  penting  untuk melindungi  kulit  dari  efek photoaging. 

Menurut dia, Sunscreen  yang baik adalah yang memiliki perlindungan broad-spectrum,  yaitu  terhadap  UVB  dan UVA. "Sunscreen dapat dikombinasikan dengan bahan aktif lain yang dapat meningkatkan efektivitas dan memberi manfaat tambahan, seperti mengurangi pigmentasi dan melembapkan," katanya dalam diskusi virtualnya, Kamis (15/4).

Global Scientific  Director  L’Oréal Paris, Elisabeth Bouhadana mengatakan bahwa 75% penuaan dini disebabkan oleh sinar UV  yang  disebut juga  photo-aging.  "UVA meningkatkan radikal bebas di kulit lapisan epidermis dan dermis sejak paparan pertama dan menyebabkan noda hitam," katanya.

Sebagai informasi, Sinar UVB merupakan sinar yang dapat mengakibatkan efek sunburn. Sedangkan, sinar UVA adalah UV yang paling merusak kulit, yang menyerang sepanjang hari.

Nah untuk menjaga kesehatan kulit dan mencegah munculnya tanda penuaan dini penting memilih sunscreen yang tepat untuk kulit. Dimana aplikasi sunscreen sebaiknya dilakukan empat jam sekali.

Lalu pilihlah sunscreen dengan manfaat yang tak sekedar melindungi kulitmu dari paparan sinar UVA dan UVB. Namun juga dapat bantu mencegah munculnya tanda penunaan dini pada kulitmu ya.

167