Home Gaya Hidup Kebakaran Klenteng Sam Poo Kong Semarang Cepat Dipadamkan

Kebakaran Klenteng Sam Poo Kong Semarang Cepat Dipadamkan

Semarang, Gatra.com - Lingkungan tempat wisata religi Klenteng Sam Poo Kong Kota Semarang terbakar, Senin (17/5). Kobaran api cepat dipadamkan sehingga tidak sampai menjalar ke tempat lainnya.

Kepada Kepala Bidang Operasional dan Penyelamatan Dinas Pemadam Kebakaran Kota Semarang, Trijoto Poejo Sakti menyatakan, tiga unit mobil pemadam dikerahkan untuk memadamkan api.

“Kobaran api cepat bisa dipadamkan sehingga tak sampai menjalar ke tempat lainnya. Tidak ada korban jiwa atau luka dalam kejadian itu,” katanya.

Menurutnya, kebakaran terjadi pukul 07.00 WIB terjadi pada tempat penyimpanan lilin di bagian depan yang terpisah dari bangunan utama Klenteng

Ada lima lilin besar setinggi manusia di tempat yang terbakar itu dan benda-benda lain mudah terbakar seperti sejumlah lilin kecil dan kertas. “Lima lilin besar dan sejumlah lilin kecil serta kertas yang terbakar,” ujarnnya.

Sementara Kapolrestabes Semarang, Kombes Pol, Irwan Anwar menyatakan, penyebab kebakaran belum diketahui secara pasti, tapi diduga kuat karena api dari lilin yang menyala membakar tatakan dari kayu.

Lilin sudah menyala setiap hari sejak perayaan Imlek 2020. Lilin tersebut akan tetap menyala sampai dengan perayaan imlek berikutnya dan akan diganti saat perayaan imlek tahun depan. “Api dari lilin membakar tatakan yang terbuat dari kayu kemudian menyebabkan api membesar," jelasnya.

Terpisah, GM Operasional Wisata Sam Poo Kong, Anandita Rinaldie menjelaskan, kebakaran berasal dari lilin ukuran kecil membakar tatakan dan plastik sehingga merambat ke dinding.

Petugas satpam sudah mencoba untuk memadamkan dengan alat pemadam api ringan (APAR), tapi api cukup besar sehingga menelpon Dinas Pemadam Kebakaran Kota Semarang.

“Api pada lilin di rumah lilin itu memang dijaga agar menyala sejak perayaan Imlek sesuai kepercayaan,” ujarnya.

Dia menambahkan, saat ini kondisi Sam Poo Kong kondusif untuk dikunjungi karena yang terbakar cuma di area tempat lilin saja sedangkan tempat yang lainnnya tidak terpengaruh.

“Silahkan datang berkunjung dengan protokol kesehatan yang berlaku,” kata Anandita.

Kebakaran di Sam Poo Kong sempat memuat heboh di media sosial (medsos). Akun instagram @aslisemarang dengan caption "BREAKING NEWS: Klenteng Sam Poo Kong Kebakaran!" disertai foto asap mengepul dari dalam Sam Poo Kong,

1229