Home Info Satgas Covid-19 Satgas Covid-19 Cilacap Berlakukan Jam Malam dan Batasi Tamu Hajatan 30 Orang

Satgas Covid-19 Cilacap Berlakukan Jam Malam dan Batasi Tamu Hajatan 30 Orang

Cilacap, Gatra.com– Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah memperketat Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro. Kapolres Cilacap, AKBP Leganek Mawardi mengatakan langkah itu dilakukan lantaran penambahan kasus Covid-19 harian di Cilacap masih tinggi. Perpanjangan PPKM Mikro diharapkan bisa mengendalikan laju penularan Covid-19.

Secara umum, PPKM Mikro lanjutan ini tak berbeda dari sebelumnya, yang meliputi upaya membatasi kegiatan dan mobilitas masyarakat. Selain itu, dalam PPKM Mikro juga ada pembatasan-pembatasan acara yang melibatkan orang banyak dan berpotensi memicu kerumunan.

Namun begitu, ada beberapa aturan yang diperketat. Antara lain, kini Cilacap memberlakukan jam malam. “Pembatasan sosial, seperti instruksi bupati yang sudah dikeluarkan, untuk masyarakat diimbau untuk tidak melakukan kegiatan di atas pukul 21.00 WIB,” katanya, dalam keterangannya dikutip Senin (28/6).

Menurut dia, Evaluasi PPKM Mikro periode sebelumnya. Masyarakat Cilacap diminta tak beraktivitas di atas pukul 21.00 WIB. Begitu pula dengan pertokoan, kafe, restoran, dan tempat hiburan lainnya, wajib tutup pukul 21.00 WIB. “Juga dengan tempat-tempat perbelanjaan, kafe, maupun tempat hiburan lainnya, mulai pukul 21.00 WIB, tidak ada kegiatan lagi,” ucap dia.

Pengetatan lainnya adalah soal hajatan. Berdasar evaluasi kebijakan sebelumnya, pembatasan tamu 30 persen dinilai tak efektif untuk mengurangi kerumunan. Karenanya, Satgas Covid-19 memberlakukan tamu maksimal 30 orang.

“Demikian juga dengan tempat-tempat perbelanjaan, kafe, maupun tempat hiburan lainnya, mulai pukul 21.00 WIB, tidak ada kegiatan lagi. Dan juga bagi, yang akan melaksanakan hajatan, dibatasi 30 orang,” ujarnya.

Sementara, data Satgas Covid-19 Kabupaten Cilacap pada 27 Juni 2021, jumlah kasus Covid-19 aktif di Cilacap mencapai 2.061, atau naik 144 orang dibanding hari sebelumnya.

Sebagian besar pasien menjalani isolasi mandiri dengan pemantauan khusus. Sebagian lainnya di rawat di sejumlah rumah sakit rujukan Covid-19. Secara total, kasus Covid-19 di Cilacap mencapai 15.609. Dari jumlah itu, sebanyak 12.938 orang sembuh dan 610 lainnya meninggal dunia.