Home Politik Surveylink: Anies Punya Modal Sosial untuk Maju di Pilpres 2024

Surveylink: Anies Punya Modal Sosial untuk Maju di Pilpres 2024

Jakarta, Gatra.com – Direktur Eksekutif Surveylink Indonesia (Sulindo), Wempy Hadir, mengungkapkan bahwa Gubernur DKI Jakarta saat ini, Anies Baswedan, memiliki cukup modal sosial untuk bertarung di Pilpres 2024 mendatang.

Wempy mencontohkan kasus Pilkada 2017 di Jakarta. “Dalam beberapa kasus, seperti Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, dia bukan kader partai politik, tapi karena dia punya modal sosial kemudian dia dilirik oleh partai dan kemudian menjadi calon Gubernur DKI Jakarta,” ujar Wempy dalam diskusi politik bertajuk Top 10 Bakal Capres 2024: Future Man vs Yesterday Man yang digelar secara daring pada Rabu, (7/7/2021).

Wempy tak menampik bahwa Anies memang kerap kali dikelilingi kontroversi. Namun, ia melihat bahwa jabatan yang Anies emban saat ini bisa dijadikan senjata emas untuk melakukan personal branding.

“Karena apa? Nyaris semua media-media besar itu ada di Jakarta. Dengan demikian saya kira, akan sangat memudahkan bagi Anies Baswedan untuk dikenal oleh publik. Apalagi pemberitaan media setiap hari saya kira tidak luput memberitakan tentang figur Pak Anies Baswedan, baik kinerjanya maupun isu-isu personal yang bersangkutan,” ujar Wempy.

Wempy menilai bahwa Anies cukup potensial untuk menjadi calon pemimpin di masa depan, terutama pada gelaran Pilpres 2024. Ia melihat Gubernur DKI Jakarta ini bisa muncul ke dalam kontestasi politik dari klaster kepala daerah. Ia pun tak lupa menyebut nama-nama lain yang potensial menjadi penantang Anies di 2024 dari klaster kepala daerah, yaitu Ganjar Pranowo (Gubernur Jawa Timur), Khofifiah (Gubernur Jawa Tengah), dan Ridwan Kamil (Gubernur Jawa Barat).

 

189