Home Hukum Masinis Kereta Api Diserang Empat Orang Tidak Dikenal

Masinis Kereta Api Diserang Empat Orang Tidak Dikenal

Palembang,Gatra.com - Joni Iskandar, masinis kereta api, menjadi korban pelemparan batu empat orang tidak dikenal, Kamis sore (26/8) sekitar pukul 15.30 wib di KM 425+8 petak jalan Lahat - Sukacinta, Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan.

Korban Joni, masinis yang sedang berdinas mengawal LOK 201 8341 di Kereta Api 3770, menceritakan bahwa saat kereta sedang berjalan dirinya yang sedang mengemudikan laju kereta yang didampingi asistennya beraktifitas seperti biasanya. Namun, saat berada dilokasi secara tiba-tiba langsung mendapat serangan lemparan dari keempat orang yang diduga anak dibawah umur.

"Saya langsung dilempar dengan batu berukuran cukup besar. Mereka empat orang setelah itu saya langsung hentikan kereta," kata Joni saat dihubungi, Jumat (27/8/2021).

Joni juga mengungkapkan, setelah kereta terhenti, wajahnya yang telah berlumuran darah akibat kepalanya yang sobek membuat pandangannya kabur, sehingga ia tak dapat melihat secara jelas lagi para pelaku.

Kemudian, rekan kerjanya langsung membantu mengobati korban dan menjalankan kereta kembali untuk sampai di stasiun terdekat.

Sampai di stasiun, Joni langsung dibawa ke Puskesmas terdekat untuk di obati lukanya akibat lemparan batu itu. "Sehabis di obati kami langsung melapor ke pihak kepolisian atas kejadian itu," sambungnya.

Pelemparan batu yang dilakukan orang tidak dikenal sering terjadi dan berharap hal ini tidak terjadi lagi. "Orang lempar sering. Tapi naasnya kali ini saya jadi korban. Mudah-mudahan tidak terjadi lagi dan saya berharap masyarakat tidak melakukannya lagi," harapnya.

Sementara itu, adanya penyerangan dengan pelemparan itu, Manager Humas PTKAI Divre III, Aida Suryanti menyampaikan bahwa komitmen keselamatan merupakan hal utama yang PTKAI lakukan dalam mengoperasikan kereta api. Namun perjalanan kereta api sendiri masih sering mendapatkan gangguan. Di antaranya dilempari batu oleh orang tidak bertanggung jawab saat melintas.

Akibat aksi pelemparan batu terhadap kereta api yang sedang melintas di KM 425+8 petak jalan Lahat - Sukacinta, masinis yang sedang bekerja yaitu Joni Iskandar menjadi korbannya dan mengalami luka akibat lemparan batu tersebut.

Ia menderita luka cukup serius pada bagian dahi dan pelipis sebelah kanan akibat terhantam batu dan tertancap pecahan kaca.

"KA 3770 merupakan KA kosongan yang mengangkut BBM sempat berhenti luar biasa di KM 425 +8 petak jalan Lahat - Sukacinta. Joni saat ini telah dilakukan pertolongan untuk dibawa ke rumah sakit,"ungkap Aida, Kamis (26/08/2021).

Aida menegaskan, KAI sangat menyayangkan kejadian ini, karena akibat perbuatan iseng atau mungkin juga sengaja tersebut telah berakibat fatal.

"Bayangkan kalau yang terkena lemparan batu tersebut merupakan salah satu keluarga kita atau akibat lemparan batu menyebabkan luka parah di area sekitar mata yang berujung kebutaan, tentunya sangat fatal,"sambungnya

Saat ini tim pengamanan KAI sedang berusaha mencari pelaku pelemparan ini dan bila tertangkap akan dilaporkan ke pihak berwajib.

Aida menghimbau agar masyarakat yang berada di sekitar rel kereta untuk ikut menjaga keselamatan perjalanan kereta

"Sosialisasi bahaya pelemparan juga kerap kami lakukan terutama pada remaja dan anak-anak di sekitar jalur rel karena tindakan tersebut sangat membahayakan perjalanan kereta api," tutupnya.


 

1789