Home Ekonomi 26 Sumur Minyak Peninggalan Belanda Dikoordinasikan ke Pusat

26 Sumur Minyak Peninggalan Belanda Dikoordinasikan ke Pusat

Kendal, Gatra.com - Bupati Kendal Dico M Ganinduto baru mengetahui bahwa di Kabupaten Kendal Jawa Tengah memiliki puluhan sumur minyak peninggalan kolonial Belanda. Tercatat ada 26 sumur minyak seperti salah satunya di Desa Sojomerto Kecamatan Gemuh.

"Saya baru tahu ada sumur minyak di sini. Ini nanti akan kita lihat dulu seperti apa. Jika masih bisa diberdayakan, kita akan segera komunikasikan dengan kementrian terkait," kata Bupati Kendal Dico M Ganinduto disela peninjauan sumur minyak di Desa Sojomerto, Selasa (21/9).

Dikatakan, nantinya komunikasi dengan kementerian terkait akan dibangun dengan melibatkan pihak Perhutani selaku pemilik lahan dari 26 sumur minyak tersebut.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Koperasi (Disperinkop) Kendal, Kun Tjahyadi mengatakan, pihaknya akan segera berkoordinasi dengan Perhutani terkait rencana yang akan dilakukan bupati. 

Dia menjelaskan, keberadaan koperasi pada saat penambangan minyak dilakukan masyarakat hanya bersifat sebagai pengepul hasil minyak dari warga yang melakukan penambangan. "Setelah semua terkumpul, koperasi lalu menjualnya. Penjualan dilakukan dengan bekerja sama dengan pihak ketiga," ucapnya.

Dikatakan, sumur minyak saat ini kondisinya masih berfungsi, dalam artian masih bisa menghasilkan minyak. Biasanya, pengeboran sumur minyak dilakukan masyarakat secara tradisional sejak jaman Belanda. 

"Untuk cadangan minyak buminya berapa, kita masih melakukan pendataan lagi," katanya.

 

1504