Home Teknologi Crop Circle: Tipuan, Pekerjaan Iblis, Fenomena Alam atau Bukti Kehidupan Alien?

Crop Circle: Tipuan, Pekerjaan Iblis, Fenomena Alam atau Bukti Kehidupan Alien?

Wiltshire, Gatra.com- Crop circle atau lingkaran tanaman adalah suatu pola teratur yang terbentuk secara misterius di area ladang tanaman, sering kali tercipta hanya dalam waktu semalam. Munculnya crop circle secara tiba-tiba di ladang di pedesaan Inggris setiap musim panas antara April dan September adalah salah satu tontonan musiman kami yang paling aneh. Independent, 7/9.

Subjek kesenangan media biasa, mereka sering dianggap sebagai tipuan yang jelas diatur oleh aparat pedesaan yang licik, berharap untuk memikat turis metropolitan untuk membebankan tarif masuk yang tinggi kepada mereka. Turis penasaran untuk menyaksikan apa yang mungkin menjadi bukti alien yang ingin melakukan kontak dengan kehidupan cerdas di planet kita.

Orang iseng seperti Doug Bower dan Dave Chorley datang untuk mewujudkan citra ini ketika mereka muncul pada tahun 1991 dan secara sensasional mengklaim telah menciptakan ratusan lingkaran selama 15 tahun terakhir dengan meratakan tanaman dengan papan kayu, mengukur pola mereka dengan tali panjang.

Seperti yang dijelaskan The Smithsonian Magazine, ketika lingkaran tanaman pertama kali muncul, “Sebuah pemikiran mistis dan magis, penelitian ilmiah dan pseudo-ilmiah, teori konspirasi dan kekacauan umum pecah. Pola yang diperlakukan para inisiasi sebagai aktivitas energi bumi dan roh purba, penderitaan Ibu Pertiwi dalam menghadapi malapetaka ekologis yang akan datang, dan bukti pengujian senjata rahasia dan, tentu saja, alien.”

Bower meskipun tidak bisa membantu tetapi menemukan keberhasilan tipuan piring terbangnya lucu. “Yang disebut peneliti ini, mereka menghubungkan lingkaran kami dengan gundukan kuburan dan benteng bukit kuno. Tidak ada hubungannya sama sekali! Hanya saja lapangannya bagus, sejauh yang kami ketahui, untuk sedikit lelucon,” katanya kepada Countryfile BBC sambil tertawa pada 1999.

Tetapi bagi orang lain, permainan tanaman seperti itu hanyalah pengalih perhatian dari bisnis yang jauh lebih serius, bukti kuat dari paranormal di zaman kita- desain geometris hiasan lingkaran, dilacak seperti melalui barisan jagung, gandum dan jelai, terlalu besar dan terlalu rumit untuk dijelaskan dengan sinisme spontan.

Dalam penyelidikan BBC baru-baru ini tentang fenomena tersebut, Daniel Stables menceritakan perjalanan ke Wiltshire - sebuah daerah yang katanya menyumbang 80 persen dari 30 crop circle Inggris setiap tahun, banyak yang terjadi di sekitar situs neolitik Stonehenge dan Avebury - untuk melihatnya sendiri .

Stables hanya bisa melihat "garis berpotongan gandum yang diinjak-injak" dari permukaan tanah, bentuknya menyerupai bidik senapan, tetapi dengan cepat dilenyapkan gagasan bahwa lingkaran itu bisa menjadi jejak luar angkasa. "Seorang pria berperut buncit di Dark Side of the Moon T-shirt”, menunjukkan bahwa polanya sangat mirip dengan logo Barge Inn di Honeystreet di dekatnya menyiratkan bahwa contoh khusus ini adalah buatan manusia.

Sementara crop circle telah terlihat di seluruh dunia, dari California ke Cina, Indonesia dan Australia, minat terhadap Inggris terus tumbuh sejak akhir 1970-an (Bower dan Chorley melakukan pekerjaan pertamanya saat pulang dari pub pada tahun 1976) sampai meledak di akhir 80-an dan sepanjang 90-an hingga awal 2000-an.

Contoh penting dari waktu itu termasuk penampilan fraktal matematika yang dikenal sebagai set Julia di dekat Stonehenge pada tahun 1996 dan satu lagi pada tahun 2001 di Milk Hill di dekatnya yang dianggap sebagai salah satu yang terbesar yang pernah ada, berukuran 900 kaki.

Jelas bukan kebetulan bahwa film laris M Night Shyamalan Signs, yang dibintangi Mel Gibson sebagai pendeta yang berubah menjadi petani yang bingung dengan munculnya fenomena di ladang jagungnya di Pennsylvania, muncul saat kegilaan ini mencapai puncaknya pada tahun 2002.

Atau, dalam hal ini, The X-Files dan slogannya yang berpikiran konspirasi "kebenaran ada di luar sana" berada di puncaknya di tahun-tahun terakhir milenium lama.

Tapi kita masih melihat crop circle pada tahun 2021, dengan formasi musim panas ini termasuk pola heksagonal yang dikelilingi oleh spiral di Avebury dan upaya yang sangat bagus di Okeford Hill dekat Blandford di Dorset.

Buatan manusia atau bukan, tradisi melintasi benua dan kembali ke setidaknya 1678 di Inggris, di mana penemuan kembali pamflet dalam koleksi pribadi pada 2011 mencatat kejadian aneh serupa di Hertfordshire abad ke-17, yang pada saat itu diyakini sebagai pekerjaan iblis.

Dianggap sebagai catatan tertulis paling awal dari lingkaran tanaman dan diilustrasikan dengan potongan kayu Setan yang menggunakan sabit setajam silet, potongan itu menggambarkan susunan tangkai yang dipotong “ditempatkan… untuk tampil ... dalam satu malam itu".

Penjelasan yang lebih ilmiah diajukan pada tahun 2009 oleh Colin Andrews, seorang insinyur pemerintah daerah yang penelitiannya tentang subjek ini dibiayai miliarder Amerika dan penggemar UFO, Laurance Rockefeller dari dinasti minyak yang terkenal.

Andrews berpendapat bahwa sementara 80 persen dari mereka di Inggris adalah pekerjaan penipu seperti Bower dan Chorley, 20 persen sisanya disebabkan fluktuasi kekuatan magnet alami bumi, yang menyebabkan tanaman menjadi "tersengat listrik" sehingga mereka rubuh.

Dia mengklaim telah membangun database 10.000 lingkaran yang terlihat di seluruh dunia dan menyewa detektif swasta untuk melacak para penipu tetapi mengatakan kepada program Today BBC Radio 4 bahwa “20 persen lainnya tetap menjadi hal lain dan saya pikir medan magnet bumi secara langsung terlibat".

"Apa yang saya kerjakan hanyalah fakta," tegas Andrews. “Kami mengukur perbedaan medan magnet. Saya pikir kami memiliki terobosan yang sangat signifikan di sini.”

1774