Home Info Sawit Tiga Benih Unggul Sawit ini Tahan Kering, Produksi 27 Ton TBS per Hektare per Tahun

Tiga Benih Unggul Sawit ini Tahan Kering, Produksi 27 Ton TBS per Hektare per Tahun

Palembang, Gatra.com- Luasnya areal tanaman kelapa sawit tua di Provinsi Sumatera Selatan, memerlukan langkah solutif berupa replanting tanaman. Pelaksanaan replanting tanaman ini sekaligus menjadi moment untuk memperbaiki produktivitas tanaman siklus kedua dengan menggunakan varietas unggul yang telah dilepas pemerintah dan dengan penerapan prinsip Best Management Practices dalam aktivitas budidaya.

Salah satu sumber benih unggul tanaman kelapa sawit yang telah dilepas pemerintah di Provinsi Sumatera Selatan adalah Produsen Benih Kelapa Sawit PT Tania Selatan dengan 3 varietas unggul terdiri dari D X P TS 1 , D X P TS 2 dan D x P TS 3.

Direktur Riset PT Tania Selatan Ir. Rahmadsyah menyampaikan bahwa Varietas Unggul D x P Tania Selatan memiliki karakter agronomis rata-rata jumlah tandan per tahun 16 tandan, kecepatan meninggi 70 cm per tahun dan industri extraction rate mencapai 26% dan produktivitas TBS mencapai 27 ton/ Ha/Tahun serta tahan terhadap defisit air.

Tiga varietas unggul ini telah dipergunakan petani pelaksana peremajaan tanaman kelapa sawit mitra binaan PT. Tania Selatan dan peremajaan kebun inti milik perusahaan.

Peredaran benih kelapa sawit varietas D X P TS ini telah ditanam di wilayah Provinsi Jambi, Bengkulu, Sumatera Utara, Riau, Kalimantan Tengah dan Papua serta telah di ekspor ke Ghana. Selanjutnya dijelaskan bahwa pelaksanaan produksi kecambah kelapa sawit ini telah melalui berbagai tahapan quality control dan standard yang ketat untuk menghindari terjadinya kontaminasi bahan tanam non tenera sehingga kualitas proses terjamin.

Tersedianya benih unggul yang telah dilepas pemerintah di Provinsi Sumatera Selatan ini selayaknya menjadi salah satu alternatif pilihan bagi perusahaan ataupun petani dalam melaksanakan pengembangan ataupun melaksanakan peremajaan tanaman tua.