Home Olahraga World Superbike Mandalika 2021, Pemerintah Pastikan Kesiapan Infrastruktur

World Superbike Mandalika 2021, Pemerintah Pastikan Kesiapan Infrastruktur

Jakarta, Gatra.com – Deputi Bidang Koordinasi Pengembangan Wilayah dan Tata Ruang Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Wahyu Utomo, menyatakan bahwa Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika telah siap melaksanakan ajang balap motor World Superbike (WSBK) 2021.

“KEK Mandalika sudah siap untuk melaksanakan satu event internasional yakni World Superbike 2021. Ini merupakan ajang balap motor yang akan diikuti pembalap-pembalap internasional,” ujar Wahyu yang juga berperan sebagai Ketua Tim Pelaksana Dewan Nasional KEK, Kamis (30/9).

Sebagai informasi, World Superbike direncanakan akan digelar pada 19-21 November 2021 mendatang. Sejauh ini, Wahyu menilai kesiapan Indonesia menggelar ajang tersebut salah satunya tampak dari Bandara Internasional Lombok Praya yang telah berbenah diri.

Bandara Internasional Lombok Praya sebagai pintu gerbang utama saat ini di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), telah melakukan perluasan terminal, penambahan area kargo, perpanjangan runway, dan perluasan apron.

Selain itu, akses bandara turut diperkuat dengan kesiapan bypass BIL-Mandalika yang pengerjaannya telah mencapai 89% dan ditargetkan selesai pada awal Oktober 2021. Keberadaan bypass tersebut akan memperpendek jarak tempuh dari Bandara ke KEK Mandalika menjadi sekitar 20 menit.

"Peningkatan kapasitas bandara tentu saja akan memberikan akses lebih baik terhadap lalu lintas dari dan keluar Mandalika,” ujar Wahyu.

Sementara itu, pembangunan fasilitas sirkuit Mandalika yang sepanjang 4,3 km telah mencapai 90% dan diharapkan pada Oktober mendatang akan siap untuk menggelar uji balap.

987