Home Internasional Israel Membunuh Tiga Warga Palestina dalam Insiden Terpisah

Israel Membunuh Tiga Warga Palestina dalam Insiden Terpisah

Ramallah, Gatra.com - Pasukan pendudukan Israel telah menembak mati tiga warga Palestina dalam insiden terpisah di desa Burqin di Tepi Barat yang diduduki, di Kota Tua Yerusalem, dan di Jalur Gaza.

Korban pertama yang terbunuh pada Kamis (30/09) pagi diidentifikasi sebagai Alaa Nasser Mohammed Zayyoud, 22 tahun, dari desa al-Silah al-Harithiya, barat laut Jenin, di Tepi Barat.

Zayyoud ditembak di sebuauh desa dekat Burqin saat terjadi penyerbuan kota oleh militer Israel dengan puluhan jeep militer melakukan penangkapan.

Kementerian Kesehatan Palestina mengatakan Zayyoud ditembak dengan empat peluru, dua di dadanya, satu di lehernya dan satu di paha kanannya.

Saksi mata mengatakan bahwa seorang penembak jitu Israel menembaknya dari jarak dekat, usai mereka berlari ke arah Zayyoud.

“Jeep dan tentara kemudian mengepungnya. Mereka menghalangi ambulans untuk menjangkaunya. Mereka mengizinkan ambulans mendekat setelah mereka memastikan dia sudah mati,” ujar seorang saksi mata., dikutip aljazeera, Kamis (30/9).

Dalam peristiwa ini, dua pria Palestina dilaporkan terluka dan dibawa ke rumah sakit untuk perawatan, sementara dua lainnya ditangkap.

Warga Palestina kedua yang dibunuh pasukan Israel pada Kamis ini adalah Israa Khuzaima, berusia 30 tahun, seorang ibu dari tiga anak, dari desa Qabatiya di selatan Jenin.

Pasukan Israel menyatakan bahwa mereka menembak mati Khuzaima di Bab al-Silsila, area Kota Tua Yerusalem, dengan dalih mempertahankan diri, karena akan menikam seorang pasukan Israel. Usai peristiwa itu, militer Israel memblokir pintu masuk ke Gerbang Damaskus, Masjid Al-Aqsa dan Gerbang Singa, sebelum membukanya kembali.

Korban tewas ketiga di Kamis ini datang dari seorang pria Palestina yang ditembak mati di dekat pagar penghalang Gaza-Israel. Kementerian Kesehatan Gaza menyatakan tentara Israel menembaki Mohammad Abu Ammar yang berusia 41 tahun.

Ketiga insiden itu menambah serentetan pembunuhan warga Palestina oleh pasukan Israel yang terjadi baru-baru ini. Sebelumnya pada Ahad (26/09), pasukan Israel membunuh lima warga Palestina.

Dua warga Palestina dari Burqin tewas, termasuk seorang anak berusia 16 tahun, sementara tiga lainnya dari desa Biddu tewas di desa dekat Beit Anan di barat laut Yerusalem.
Operasi militer Israel di kota-kota dan desa-desa Tepi Barat hampir terjadi setiap hari. Selama beberapa bulan terakhir serangan tentara di daerah Jenin disambut dengan tembakan oleh penduduk Palestina.

106