Home Info Sawit Produk Sawit dalam Produk Harian Rumah Tangga

Produk Sawit dalam Produk Harian Rumah Tangga

Jakarta, Gatra.com - Indonesia adalah negara produsen kelapa sawit terbesar di dunia. Minyak yang dihasilkan dari kelapa sawit digunakan sebagai bahan baku beragam produk yang digunakan sehari-hari.

Bicara tentang produksi, kelapa sawit Indonesia banyak sekali peminatnya, selain harganya murah, ketersediannya pun stabil, bahkan cenderung bertambah.

Produk yang sering dikaitkan dengan minyak sawit adalah minyak goreng. Bukan Cuma minyak goreng yang biasa kita gunakan sehari-hari lho! Pada dasarnya, kelapa sawit memproduksi 2 jenis minyak, yang pertama minyak sawit kasar atau crude palm oil (CPO), dan minyak inti sawit atau palm kernel oil (PKO). Kedua produk tersebut kemudian diproses lebih lanjut hingga akhirnya menghasilkan berbagai macam produk yang kita gunakan sehari-hari.

Berikut beberapa produk yang merupakan olahan dari minyak sawit.

1. Mentega

Minyak kelapa sawit membuat tekstur mentega menjadi lembut, mudah dioleskan. Minyak kelapa sawit juga berperan dalam menjaga tekstur shortening agar mudah diaplikasikan. Shortening sering digunakan sebagai bahan pelengkap dalam pembuatan roti dan kue agar roti menjadi lebih empuk dan gurih. Lebih jauh, mentega dan shortening diolah menjadi makanan kemasan yang beredar di pasaran, seperti biskuit, kue kering, dan mie instan.

2. Coklat

Minyak nabati dari kelapa sawit membuat coklat lumer di mulut. Selain itu produk turunan kelapa sawit yang banyak peminatnya adalah coca butter substitute (CBS). CBS bertekstur mirip dengan lemak coklat namun harganya lebih kompetitif.

3. Bahan sabun dan sampo

Melalui proses oleochemical, minyak kelapa sawit memiliki produk turunan berupa natrium lauril sulfat atau sodium lauril sulfat (SLS) yang terdapat pada pasta gigi dan sampo. SLS merupakan surfaktan yang berfungsi sebagai pembersih dan penghasil busa. Selain itu minyak sawit juga menghasilkan gliserin yang terdapat pada sabun yang berfungsi menjaga kelembaban tubuh kita.

4. Make-up

Lipstik dan foundation mengandung minyak sawit juga. Produk turunan minyak sawit yang berbentuk lemak ester dan lemak amina digunakan secara luas dalam kosmetik sebagai emulsifier, pelumas, dan bahan aktif kosmetik.

5. Sabun cuci

Salah satu produk turunan CPO yang digunakan secara luas adalah sodium lauril sulfat (SLS). SLS merupakan surfaktan pada deterjen pakaian yang dapat melarutkan minyak dan kotoran ke dalam air, sehingga pakaian kita menjadi bersih. SLS juga membuat deterjen menghasilkan banyak busa.