Home Internasional 'Ribuan Pedofil' di Gereja Katolik Sejak 1950

'Ribuan Pedofil' di Gereja Katolik Sejak 1950

Paris, Gatra.com- Kepala komisi penyelidikan skandal mengatakan ditemukan antara 2.900 dan 3.200 pendeta pedofil atau anggota gereja lainnya. Ribuan pedofil telah beroperasi di dalam Gereja Katolik Prancis sejak 1950, kata kepala komisi independen yang menyelidiki skandal itu hanya beberapa hari sebelum rilis laporannya. Al Jazeera, 03/09.

Penelitian komisi telah menemukan antara 2.900 dan 3.200 imam pedofilia atau anggota gereja lainnya, Jean-Marc Sauve mengatakan kepada kantor berita AFP pada Minggu, menambahkan bahwa itu adalah "perkiraan minimum".

Laporan komisi akan dirilis pada Selasa setelah dua setengah tahun penelitian berdasarkan arsip gereja, pengadilan dan polisi, serta wawancara dengan saksi.

Laporan itu, yang menurut Sauve sepanjang 2.500 halaman, akan mencoba menghitung jumlah pelanggar dan jumlah korban. Ini juga akan melihat ke dalam "mekanisme, terutama kelembagaan dan budaya" di dalam Gereja yang memungkinkan para pedofil tetap tinggal dan akan menawarkan 45 proposal.

Komisi independen dibentuk pada tahun 2018 oleh Gereja Katolik Prancis sebagai tanggapan atas sejumlah skandal yang mengguncang Gereja di Prancis dan di seluruh dunia.

Sebelum pembentukannya, Paus Fransiskus mengeluarkan langkah penting yang mewajibkan mereka yang mengetahui tentang pelecehan seksual di Gereja Katolik untuk melaporkannya kepada atasan mereka.

Terdiri dari 22 profesional hukum, dokter, sejarawan, sosiolog, dan teolog, tugas komisi itu adalah menyelidiki tuduhan pelecehan seks anak oleh para agamawan sejak 1950-an.

612