Home Gaya Hidup Ini Daftar Nominasi Penghargaan Piala Citra FFI 2021

Ini Daftar Nominasi Penghargaan Piala Citra FFI 2021

Jakarta, Gatra.com – Komite Festival Film Indonesia (FFI) 2021 secara resmi mengumumkan daftar nominasi Festival Film Indonesia 2021. Disebutkan, terdapat 22 nominasi kategori penghargaan Piala Citra FFI 2021.

Ketua Bidang Penjurian FFI 2021, Garin Nugroho, mengatakan, nominasi ini merupakan hasil seleksi dan penjurian yang dilakukan oleh 54 orang Juri Nominasi. Para juri ini berasal dari perwakilan asosiasi-asosiasi profesi perfilman. Sebanyak 45 orang Juri Nominasi untuk kategori Film Cerita Panjang dan 9 orang Juri Nominasi untuk kategori Film Non Cerita Panjang.

Garin menambahkan, sistem penjurian tahun ini dilakukan pada tiga aspek penting. Pertama, penghormatan kepada organisasi profesi film dengan proses dasar penjurian dilakukan melalui asosiasi-asosiasi profesi perfilman. Kedua, sistem penjurian tahap akhir untuk memilih pemenang terbaik menggunakan sistem dewan juri yang sebelumnya pernah dilakukan oleh FFI. Ketiga, partisipasi masyarakat yang lebih luas untuk kategori kritik film dan kategori film, aktor, serta aktris terfavorit pilihan penonton.

"Proses penjurian sampai dengan tahap penentuan nominasi melewati beberapa lapisan," katanya dalam Acara Malam Nominasi Festival Film Indonesia (FFI) 2021 yang disiarkan secara virtual pada Minggu (10/10).

Untuk kategori Film Cerita Panjang, lanjutnya, penentuan daftar pendek berisi 22 film dilakukan melalui voting dan juga diskusi. Penjuriannya oleh 15 asosiasi profesi dan penentuan nominasi dilakukan oleh tiga orang perwakilan asosiasi profesi.

"Sampai dengan tahap nominasi ini, Komite Penjurian antusias dan puas dengan hasil yang diperoleh lewat hadirnya keberagaman tema, genre, visual, dan juga munculnya nama-nama baru. Hal ini menggambarkan geliat pelaku film Indonesia yang tetap tumbuh beragam walau dalam era pandemi yang tidak mudah," ucapnya.

Proses penentuan nominasi kategori Film Non Cerita Panjang dan kategori Kritik Film juga telah dilakukan dengan sangat baik. Juri-juri perwakilan asosiasi profesi yang ahli dalam bidangnya masing-masing, telah menghasilkan nominasi yang sangat bagus.

"Seluruh proses penjurian murni dilakukan oleh para juri yang terpilih serta disaksikan dan diawasi oleh Komite Penjurian dan Akuntan Publik," jelas Garin.

Selain itu, Komite Tetap FFI 2021 juga telah memilih 15 anggota Dewan Juri Akhir. Juri ini, dipilih berdasarkan rekomendasi atau usulan dari masing-masing asosiasi profesi perfilman serta masukan dari para insan perfilman. Dewan Juri Akhir akan melaksanakan tugasnya hingga awal November 2021 untuk menentukan pemenang 17 kategori penghargaan.

Sedangkan, untuk kategori Film Non Cerita Panjang dan Kritik Film, asosiasi-asosiasi profesi perfilman juga telah menunjuk masing-masing- masing tiga orang yang akan bertugas sebagai Dewan Juri Akhir. Mereka, akan jadi penentu pemenang masing-masing kategori penghargaan.

Adapun beberapa aktor dan aktris peraih nominasi sebagai berikut :

Nominasi Pemeran Utama Pria Terbaik
1. Chicco Kurniawan-Penyalin Cahaya
2. Deddy Mizwar-Sejuta Sayang Untuknya
3. Iqbaal Ramadhan-Ali & Ratu Ratu Queens
4. Jefri Nichol-Jakarta Vs Everybody
5. khiva Iskak-Preman
6. Reza Rahadian-Layla Majnun

Nominasi Pemeran Utama Perempuan Terbaik
1. Arawinda Kirana-Yuni
2. Hana Prinantina Malasan-Cinta Bete
3. Nirina Zubir-Paranoia
4. Shenina Syawalita Cinnamon-Penyalin Cahaya
5. Wulan Guritno-Jakarta Vs Everybody

Nominasi Pemeran Pendukung Pria Terbaik
1. Dimas Aditya-Yuni
2. Giulio Parengkuan-Penyalin Cahaya
3. Jerome Kurnia-Penyalin Cahaya
4. Kiki Narendra-Preman
5. Muzakki Ramdhan-Preman

Nominasi Pemeran Pendukung Perempuan Terbaik
1. Asmara Abigail-Yuni
2. Asri Welas-Ali & Ratu Ratu Queens
3. Dea Panendra-Penyalin Cahaya
4. Djenar Maesa Ayu-Cinta Bete
5. Marissa Anita-Ali & Ratu Ratu Queens

797