Home Kebencanaan Setiap Tahun Laut di Jepara Menggigit Pantai Hingga 1,5 Meter

Setiap Tahun Laut di Jepara Menggigit Pantai Hingga 1,5 Meter

Jepara, Gatra.com- Kabupaten Jepara, Jawa Tengah memiliki bentangan pantai hingga puluhan kilometer. Namun, kondisi ini juga terancam adanya abrasi setiap tahunnya. Bahkan di Kecamatan Kedung sudah ada satu desa yang direlokasi penduduknya karena desa terendam. 
 
Asisten II Sekda Jepara Wasiyanto mengatakan, panjang pantai di Jepara yaitu 82 kilometer. Namun yang berpotensi terjadinya abrasi terutama di Pantai Tanggungtlare, Kecamatan Kedung dan Pantai Bandungharjo, Kecamatan Keling. 
 
"Bahkan di Tanggultlare ini, sudah pernah satu desa yang harus berpindah karena terendam air laut. Setiap tahun, ada sekitar 1 hingga 1,5 meter lahan yang terken abrasi," ujarnya disela kegiatan Mageri Segoro yang diinisiasi oleh Polda Jateng di Pantai Tanggultlare, Selasa (12/10).
 
Melalui penanaman ini, diharapkan bisa melindungi daratan Jepara dari ancaman abrasi. Terutama ketika musim penghujan atau ketika terjadi ombak besar.
 
Sementara itu, Kapolres Jepara AKBP Warsono mengatakan, target hingga bulan Desember 2021 akan ditanam sebanyak 70.000mangrove. Penanaman itu diharapkan bisa untuk mencegah terjadinya bencana maupun kerusakan alam di pesisir Pantai Jepara. Tak hanya di Pantai Tanggultlare, nantinya pohon mangrove juga akan ditanam di banyak titik.
 
"Ini bertahap penanamannya. Mudah-mudahan tercapai targetnya. Lokasi penanaman mangrove yang lain, akan dilihat yang berpotensi dan rawan abrasi," imbuhnya.
1324