Home Politik Ma’ruf Amin Ajak Santri Siaga Jiwa dan Raga di Perayaan Hari Santri 2021

Ma’ruf Amin Ajak Santri Siaga Jiwa dan Raga di Perayaan Hari Santri 2021

Jakarta, Gatra.com - Wakil Presiden RI, K.H. Ma’ruf Amin, mengajak para santri di seluruh Indonesia untuk mempersiapkan seluruh jiwa dan raganya bagi negara di dalam setiap aktivitas. Ajakan tersebut menjadi tema utama perayaan Hari Santri 2021 yang akan diperingati pada 22 Oktober 2021 esok

“Saya juga mengajak seluruh santri untuk betul-betul mengaplikasikan semangat tema Hari Santri tahun ini yakni ‘Santri Siaga Jiwa dan Raga’ dalam seluruh gerak langkahnya, baik pada aktivitas pendidikan, dakwah maupun pemberdayaan masyarakat,” ujar Ma’ruf dalam webinar yang digelar oleh Gatra pada Kamis, (21/10/2021).

Ma’ruf membagi tema tersebut ke dalam dua makna yang dalam. Menurutnya, ‘Siaga jiwa’ berarti santri harus senantiasa menjaga kesucian hati dan akhlak, berpegang teguh pada akidah, nilai, serta ajaran Islam yang rahmatan lil’alamin.

Sementara ‘Siaga Raga’, menurut Ma’ruf, mengandung makna yang tidak kalah penting. Dengan semboyan ini, menurutnya, berarti badan, tenaga, dan hasil karya santri wajib didedikasikan untuk Indonesia.

“Siaga Jiwa Raga ini berkorelasi erat dan menjadi sangat penting di tengah upaya pengendalian penyebaran Covid-19 dan pemulihan dampaknya terutama di bidang ekonomi saat ini,” ujar Ma’ruf.

Ma’ruf juga berharap agar para santri selalu disiplin dan mematuhi protokol kesehatan dalam beraktivitas dengan tetap melaksanakan 5M dan berpartisipasi aktif dalam mendukung percepatan vaksinasi.

Selain itu, Ma’ruf juga meminta para santri juga harus siap berkontribusi, terus berusaha dan berkarya di berbagai bidang untuk menggerakkan kembali roda perekonomian nasional. Dalam hal ini, ia meminta para santri untuk bekerja sama dengan pihak-pihak terkait, seperti kementerian atau lembaga.

“Melalui kerja sama yang baik dari seluruh pihak, maka fungsi pesantren dalam hal pendidikan, dakwah, dan pemberdayaan masyarakat akan dapat dijalankan secara lebih optimal, dan pada gilirannya akan dapat mendukung pemulihan dan penguatan perekonomian nasional secara nyata dan berkelanjuta,” ujar Ma’ruf.


 

141