Home Olahraga Dibekap Suhu Dingin, Timnas Indonesia U-23 Meledak, Gasak Nepal U-23

Dibekap Suhu Dingin, Timnas Indonesia U-23 Meledak, Gasak Nepal U-23

Hisor, Gatra.com- Pertandingan persahabatan antara Timnas Indonesia U-23 vs Nepal U-23 yang digelar pada Jumat (22/10) malam di stadion Hisor Central, Hisor, Tajikistan.

Garuda muda sukses meraih kemenangan 2-0. Dua gol kemarin kemenangan Garuda Muda dicetak oleh Hanis Saghara Putra pada menit ke-55' dan Witan Sulaeman menit ke-93'.

Laga diwarnai cuaca dingin bersuhu 9 derajat Celsius beserta hembusan angin kencang. Indonesia mengambil inisiatif menyerang sejak awal.

Peluang pertama Garuda Muda tercipta melalui sundulan Muhammad Firli pada menit kelima, namun masih belum menemui sasaran.

Lini depan timnas yang juga diisi oleh Komang Tri, Beckham Putra, dan Natanael Siringoringo bergantian menggempur pertahanan Nepal namun usaha mereka masih belum menghasilkan gol. Nepal U-23 tampak menerapakan strategi bertahan yang rapat. Skor pun masih imbang 0-0.

Pelatih Shin Tae-yong lantas melakukan pergantian tiga pemain pada menit ke-32. Pelatih asal Korea Selatan itu menarik keluar Firly, Beckham, dan Natanael untuk memasukkan Ronaldo Kwateh, Genta Alparedo, dan Komang Teguh.

Garuda Muda melanjutkan dominasinya dan memaksa Nepal bertahan total sambil sesekali melancarkan serangan balik. Rapatnya pertahanan Nepal membuat skor 0-0 bertahan hingga turun minum.

Usai Jeda, Shin Tae-yong langsung melakukan sembilan pergantian dengan menarik Taufik Hidayat, Irsan Lestaluhu, M Kanu, Komang Tri, Eka Febri, Feby Eka, Bayu Fiqri, Ronaldo Kwateh, dan Genta Alparedo.

Shin lantas memasukkan Hanis Saghara, Pratama Arhan, Rizky Ridho, Asnawi Mangkualam, Rachmat Irianto, Ramai Rumakiek, Gunansar Mandowen, Bagus Kahfi, dan Witan Sulaeman.

Pergantian ini membawa hasil positfi dengan terciptanya gol dari aksi Saghara. Penyerang 22 tahun asal Persikabo 1973 itu berhasil memecah kebuntuan pada menit ke-55.

Memasuki menit ke-61, Shin Tae-yong kembali melakukan pergantian pemain dengan memasukan Alfeandra Dewangga dan menarik keluar Komang Teguh.

Pada menit ke-85, Nepal mendapatkan peluang emas melalui salah seorang strikernya, namun sundulannya masih mampu dihalau penjaga gawang Ernando Ari.

Memasuki penghujung laga, Shin Tae-yong kembali melakukan tiga pergantian pemain pada menit ke-87 dengan menarik Ramai Rumakie, Gunansar Mandowen, dan Bagus Kahfi. Mereka digantikan oleh Rabbani Tasnim, Subhan Fajri, dan Marselino Ferdinand.

Witan Sulaeman berhasil menambah torehan gol Garuda Muda pada menit ke-90+3. Skor 2-0 akhirnya menutup jalannya pertandingan. Selanjutnya, Indonesia dijadwalkan akan menghadapi Australia pada 26 dan 29 Oktober mendatang di Republican Central Stadium Dushanbe, Tajikistan . Bila mampu melewati Australia akan lolos ke putaran final Piala AFC U-23 2022 yang rencananya akan dihelat di Uzbekistan.

197