Home Kebencanaan Tanggul Jebol Picu Banjir di Banyumas, Belasan Rumah Terdampak

Tanggul Jebol Picu Banjir di Banyumas, Belasan Rumah Terdampak

Banyumas, Gatra.com – Hujan deras yang mengguyur wilayah Sumpiuh, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah menyebabkan banjir bandang di Grumbul Karet, Kelurahan Sumpiuh, Kecamatan Sumpiuh, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Rabu malam (27/10).

Di saat yang sama, banjir juga dilaporkan terjadi di utara Pasar Wijahan akibat meluapnya sungai, Kecamatan Kemranjen, Banyumas.

Koordinator Taruna Tanggap Bencana (Tagana) Kabupaten Banyumas, Heriana Ady Chandra mengatakan, sebelumnya hujan deras mengguyur wilayah Kecamatan Sumpiuh sejak pukul 13.00 WIB hingga malam hari. Akibatnya, tanggul Sungai Angin jebol pada pukul 18.30 WIB dengan panjang 10 meter.

“Dampaknya banjir luapan karena tanggul jebol menyebabkan dua rumah tergenang sampai masuk rumah milik,” kata Hariana.

Dua rumah tersebut milik Mujiman (42 tahun) dan Pak Sudiarjo (70 tahun) yang beralamat di RT 03 RW 04 Grumbul Karet, Kelurahan Sumpiuh. Di luar dua rumah tersebut, ada belasan rumah lain yang terdampak,

“Sebelas rumah tidak terdampak langsung karena limpasan air Sungai Angin, hanya menggenangi bagian pelataran rumah di wilayah RT 03 RW 04 Grumbul Karet Kelurahan Sumpiuh,” ucap Heriana.

Kesebelas rumah itu adalah milik Slamet, Muhajir, Mujiran, Tugiman, Suparno, Masmud, Saimin, Muhidin (Jemu), Rusini, Raji, dan Rusmiati. Menjelang tengah malam, air dilaporkan mulai surut.

“Hingga asessmen pukul 22.30 WIB, air sudah mulai surut, dua rumah yang sempat tergenang sudah tidak ada genangan lagi,” jelasnya.

Heriana juga mengungkapkan, tidak ada korban jiwa dalam bencana ini. Sementara, kerugian materiil masih dalam perhitungan.

“Hasil koordinasi di lapangan akan dilakukan penanganan yakni penambalan tanggul yang jebol besok pagi hari Kamis, 28 Oktober 2021,” tandas Heriana.

1158