Home Regional Wilayah Rawan, Lanal Cilacap Gelar Pelatihan Penanggulangan Bencana Alam

Wilayah Rawan, Lanal Cilacap Gelar Pelatihan Penanggulangan Bencana Alam

1436

Cilacap, Gatra.com – Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Cilacap menggelar pelatihan penanggulangan bencana alam. Upacara pembukaan dilakukan pada Senin (8/11), dan diikuti oleh ratusan personel dari unsur berbeda.

Danlanal Cilacap Kolonel Laut (PM) Sugeng Subagyo bentuk sinergitas dari Pemerintah Kabupaten Cilacap, Lanal Cilacap dan stakeholder di Kabupaten Cilacap. Tujuannya yakni untuk melatih masyarakat agar lebih tanggap, waspada dan siap siaga serta memiliki pengetahuan yang memadai dalam menghadapi bencana alam yang sewaktu-waktu dapat terjadi.

Kata dia, latihan ini diikuti oleh 270 peserta dari sejumlah unsur. Antara lain, Lanal Cilacap, Basarnas, pramuka, AMN, RAPI, BPBD dan sejumlah pihak terkait lainnya di Cilacap. Pembukaan latihan penanggulangan bencana alam ini juga dihadiri oleh Wakil Bupati Cilacap, Syamsul Auliya Rachman.

“Dengan terselenggaranya latihan penanggulangan bencana secara berkala, masyarakat dapat mengidentifikasi titik evakuasi dan perlindungan yang dinilai paling aman, sehingga meminimalisir terjadinya jatuh korban,” katanya, dalam keterangannya.

Danlanal menjelaskan, Kabupaten Cilacap merupakan daerah dengan kerawanan bencana alam yang tinggi seperti banjir, tanah longsor, angin puting beliung, kekeringan dan gelombang tinggi. Dalam kurun waktu Januari-September 2021 telah terjadi 78 kali bencana dengan kerugian materi lebih dari Rp 2 miliar.

“Masyarakat juga nantinya akan terbiasa melakukan upaya mitigasi bencana menuju Indonesia tangguh bencana,” tandasnya.

Menurut dia, penanggulangan bencana alam merupakan upaya berkelanjutan untuk mengurangi dampak bencana terhadap manusia dan harta benda. Program mitigasi ini akan semakin sedikit orang atau komunitas yang akan terkena dampak dari bencana alam.

“Setelah pelatihan, peserta diharapkan dapat menerapkan pengalaman yang sudah diperoleh serta dapat disebarluaskan kepada seluruh masyarakat,” ucap dia.


 

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS