Home Regional Dari Santunan Anak Yatim hingga Jetski, Danais DIY Disalurkan untuk Bantuan Pandemi

Dari Santunan Anak Yatim hingga Jetski, Danais DIY Disalurkan untuk Bantuan Pandemi

130

Yogyakarta, Gatra.com - Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta menyalurkan bantuan yang bersumber dari Dana Keistimewaan (danais). Diharapkan dapat menangani Covid-19 dan mendongkrak perekonomian, bantuan disalurkan dalam berbagai bentuk, seperti santunan anak hingga pembelian jetski.

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X menyatakan pertumbuhan ekonomi DIY pada kuartal pertama dan kedua 2021 sempat tinggi.

“Wajar saja karena masih ada APBD, pengeluaran warga, dan investasi. Memasuki kuartal ketiga, tidak ada investasi. Dulu ada investasi seperti untuk bandara sekarang sudah selesai. Pertumbuhannya hanya 2,3%,” tutur dia dalam sambutan penyaluran bantuan di kompleks Pemda DIY, Senin (8/11).

Namun seiring pelonggaran aturan Covid-19 saat ini, pariwisata kembali menggeliat. Sultan meminta warga DIY bertamasya di wilayah DIY seperti halnya para wisatawan luar daerah demi menggerakkan ekonomi lokal.

“Harapan saya, dalam kondisi pandemi dan tidak ada investasi, dalam konteks ekonomi, Yogya makin penuh (wisatawan) makin baik. Makin lama tinggal dan belanja di Yogya, makin baik,” tuturnya.

Dengan kondisi itu, penyaluran bantuan sosial dari danais ini juga makin menggenjot perekonomian DIY. “Saya harap bansos tidak hanya bermanfaat bagi masyarakat. Tapi kalau dibelanjakan memperbanyak perputaran ekonomi daerah,” ujarnya.

Danais adalah dana khusus untuk DIY yang bersumber dari APBN dengan besaran Rp1,3 triliu per tahun sebagai tindak lanjut UU Nomor 13 Tahun 2012 tentang keistimewaan DIY.

Sekda DIY Kadarmanta Baskara Aji menyatakan bantuan dari danais ini disalurkan untuk empat OPD, yaitu Dinas Pariwisata, Dinas Koperasi dan UKM, Dinas Sosial, dan Satuan Polisi Pamong Praja DIY.

“Bantuan berupa hibah uang, bantuan sosial, dan bantuan sarana prasarana kepada kelompok masyarakat terdampak Covid-19 untuk membangkitkan perekonomian dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di DIY,” ujar Aji dalam keterangan resmi.

Untuk Dinas Pariwisata, disalurkan hibah untuk 169 pokdarwis senilai Rp4,8 miliar. Adapun Dinas Koperasi dan UKM menyalurkan bantuan produktif untuk 333 kelompok UMKM Rp 6,87 miliar.

Dinas Sosial memberi santunan 1.734 anak yatim piatu dengan total Rp2,6 miliar dan bantuan untuk 10 kelompok dengan total Rp320 juta.

Alokasi Satpol PP meliputi untuk komunitas Jaga Warga Rp 1,9 miliar, hibah sarana prokes Rp 167 juta, hingg bahan makanan pokok Rp590 juta.

Selain itu, ada bantuan untuk Satlinmas Rescue Istimewa (SRI) senilai Rp691 juta mencakup 2 unit kendaraan ATV, 4 perahu jungkang , dan sebuah jetski seharga Rp 288 juta.

SRI juga dibantu sarana kesehatan penanganan Covid-19 Rp49 juta. Jika ditotal, alokasi bantuan dari danais itu mencapai sekitar Rp18 miliar.

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS