Home Hiburan Ninaya Rilis Single “Aku Ratumu”, Lagu Berbalut Romansa Anak Sekolah

Ninaya Rilis Single “Aku Ratumu”, Lagu Berbalut Romansa Anak Sekolah

709

Jakarta, Gatra.com – Penyanyi muda asal Malang, Jawa Timur, Ninaya Ilena Kinanti, resmi meluncurkan single bertajuk “Aku Ratumu” di Hotel Novotel Mangga Dua Square, Jakarta Utara, pada Senin (8/11).

Ninaya mengaku bahagia dengan peluncuran lagu barunya tersebut. “Pasti aku seneng banget akhirnya diadakan press conference untuk lagu terbaru aku. Pasti aku seneng banget sih,” ujarnya di hadapan awak media di lokasi.

“Aku Ratumu” adalah lagu dengan notasi dan lirik yang diciptakan oleh Darman Sastro Prawiro, ayah Ninaya. Sementara gubahan aransemennya digarap oleh eks personel grup musik Pasto, Meltho.

Dari segi lirik, Ninaya mengaku bahwa cerita di balik lagu itu terinspirasi dari kisah romantisnya saat ia mengenyam bangku SMP. Ia lalu menceritakan kisahnya tersebut kepada sang ayah. Dari situlah sang ayah tergerak untuk menulis “Aku Ratumu”.

“Itu dahulu dua tahun lalu pas aku SMP, sih. Jadi aku suka sama kakak kelas tiga tahun di atas aku. Orangnya udah SMA. [Anak] basket lah biasa. Jadi populer. Terus aku suka sama orangnya. Ceritanya sama sih sama yang ada di lirik lagu aku. Seperti itu, sama persis,” tutur Ninaya.

Sementara itu, Meltho mengungkapkan bahwa lagu tersebut sebenarnya merupakan gubahan ulang dari lagu aslinya. Dengan kata lain, lagu tersebut sudah terlebih dahulu diaransemen oleh orang lain—lebih tepatnya oleh murid ayah Ninaya—sebelum disodorkan ke Meltho.

Meltho berkesempatan untuk menggubah ulang lagu itu setelah ia menelepon keluarga Ninaya. Sang ibu kemudian menyodorkan “Aku Ratumu” kepada Meltho. Ia menerima sodoran sang ibunda sebelum meneruskannya kepada pihak label.

“Tapi waktu itu executive producer kita bilang gini, ‘Bisa enggak diaransemen lagi? Lu aja deh yang aransemen’. Akhirnya gua yang bikin. Bikin lagi, bikin ulang, aransemen ulang,” tutur Meltho yang juga berperan sebagai produser dalam proyek ini.

“Tetapi sebelumnya workshop dahulu. Workshop-nya by Zoom. Abis itu bikin. Prosesnya agak lama karena waktu itu juga gua enggak cuma lagi ngerjain [proyek bersama Ninaya]. Ngerjain yang lain juga. Ngerjain Pasto, ngerjain artis yang lain di Le Moesiek. Jadi, [prosesnya] dua minggu [pekan], lama,” imbuh Meltho.

Selama masa penggarapan, Meltho mengaku bahwa ia tak banyak menghadapi kendala teknis. Akan tetapi, ia harus berjibaku melawan kendala geografis. Jarak Jakarta dan Malang, katanya, agak mempersulit proses penggarapan lagu.

“Apalagi lagi pandemi gini kan agak susah. Aku waktu itu naik kereta ke [Malang]. Pulangnya naik kereta juga karena males PCR. Mahal,” ujar Meltho sambil diiringi gelak tawa.

Akan tetapi kesulitan tersebut dipermudah oleh dukungan total dari orang tua sang penyanyi. Meltho sempat khawatir penggarapan single ini akan mengganggu aktivitas pendidikan Ninaya. Akan tetapi, kedua orang tua Ninaya, yang juga berdarah seni musik, memberi dorongan penuh bagi anaknya.

Ketika ditanya mengapa ia merekrut Ninaya untuk masuk Le Moesiek Revole, Meltho memandang bahwa anak remaja tersebut memiliki talenta yang menjanjikan sekaligus menyenangkan untuk diajak bekerja sama.

“Dia punya sesuatu. Terus dia masih muda. Jadi, aku mikirnya kariernya masih panjang. Enak gitu kalau diajak kerja sama dengan umur yang segini tuh enak banget. Dia masih 16 tahun. Kitanya juga sebagai label, sebagai produser, bisa mikir lebih banyak untuk ke depannya,” terang Meltho.

Meltho menjanjikan bahwa perjalanan Ninaya tak akan berhenti sampai di sini. Setidaknya akan ada dua single anyar yang akan dirilis tahun depan, di mana salah satunya kemungkinan merupakan lagu recycle. Lebih dari itu, ia juga mengidamkan peluncuran EP untuk Ninaya di akhir tahun 2022.

Ninaya baru berusia 16 tahun. Ia adalah artis termuda di label Le Moesiek Revole besutan musisi kondang Maia Estianty. Kariernya disebut masih panjang. Ia pun mengungkapkan impian-impiannya di masa depan, mulai dari membuat album hingga menjadi seperti idolanya, Agnes Monica.

“Targetnya aku pingin bikin album sih pasti. Yang pasti ingin lebih dikenal orang lah lebih banyak. Terus menghibur orang lah pokoknya,” ujar Ninaya.

Ninaya adalah jebolan ajang pencarian bakat The Voice Kids. Di ajang itulah ia bertemu langsung dengan Agnes Monica yang ketika itu berperan sebagai salah satu juri. Ninaya kemudian mengagumi penembang lagu “Tak Ada Logika” itu.

“Secara range vocal dia [Agnes Monica] sangat-sangat lebar. Terus teknik vokal dia menguasai. Terus dia kalau membawa di panggung tuh kayak wah gitu,” terang Ninaya.

Untuk saat ini dan beberapa waktu ke depan, Ninaya mengaku masih akan mengandalkan kelihaian sang ayah dalam hal menulis lagu. Ia mengaku belum mahir untuk menulis notasi.

“Aku lebih ke lirik. Lagu-lagu yang papa bikin tuh enggak cuman ‘Aku Ratumu’ aja, kan. Lagu-lagunya tuh banyak,” ujar Ninaya. Ia menjanjikan bahwa masih banyak lagu-lagu lain yang masih tersimpan dan belum muncul ke permukaan.

Dengan demikian, para penggemar musik di Tanah Air patut menunggu kiprah penyanyi muda ini di hari mendatang. Senada dengan Meltho, Ninaya pun mengindikasikan bahwa langkahnya tak akan sampai di sini saja. Ia pun punya target untuk tahun depan.

“Kalau aku sih lebih fokus ke bikin single, bikin album, karena setelah di label aku ingin menunjukkan yang terbaik sih pasti. Untuk ke depannya, yang pasti aku pingin harus ada album. Amiin,” ucapnya.

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS