Home Regional Siapkan Serangan Umum, TPNPB OPM Perintahkan Kosongkan Kota Intan Jaya, Undius Kogoya Masak Daun

Siapkan Serangan Umum, TPNPB OPM Perintahkan Kosongkan Kota Intan Jaya, Undius Kogoya Masak Daun

39367

Intan Jaya, Gatra.com- Kelompok yang menamakan diri Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM) kembali mengeluarkan ultimatum. Komandan Operasi TPNPB OPM Komando Daerah Pertahanan VIII Intan Jaya, Undius Kogeya mengeluarkan peringatan agar masyarakat civil non Papua segera kosongkan kota Intan Jaya, 12/11.

"Berdasarkan laporan resmi dari Pimpinan TPNPB Kodap VIII Intan Jaya, maka Manajemen Markas Pusat KOMNAS TPNPB-OPM umumkan secara resmi pada hari ini 12 November 2021," kata Sebby Sambom, juru bicara TPNPB-OPM. 

Dan TPNPB-OPM sedang menyiapkan serangan umum atas kota Intan Jaya.  "Laporan persiapan perang oleh TPNPB dengan cara budaya sudah selesai dan perang kami belum selesai, maka saya komandan lapangan perang Undius Kogoya, kita lagi masak daun untuk perang," kata Sebby menirukan Undius Kogoya.

"Masak daun merupakan kami punya adat yaitu sebelum pergi perang kami masak dengan bakar batu, atau sering disebut barapen. Kami orang Papua yang berbusana koteka di Pegunungan Tengah Papua sebelum pergi perang, kami bunuh babi dan masak dengan cara barapen," Sebby menjelaskan.

"Dan disana (upacara barapen) kami akan ketahui bahwa saat kita pergi perang akan ada tantangan atau tidak. Jadi masak daun itu yang akan sampaikan kepada kami bahwa perang akan baik-baik saja, atau nanti akan ada korban. Semua hal ini akan kami ketahui dari masak daun ini. Dan sebelum pergi perang kami harus lakukan ritual ini," jelasnya.

"Jadi kami minta untuk kasih keluar info segera agar masyarakat cari tempat perlindungan itu yang di perintahkan Undius Kogoya dari Intan Jaya dari siang ini pukul 12.00," katanya.

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS