Home Regional Anggota DPD Asal Jateng, Gelar Lomba Penulisan Khotbah Jumat Hadiah Rp30 Juta

Anggota DPD Asal Jateng, Gelar Lomba Penulisan Khotbah Jumat Hadiah Rp30 Juta

1077

Semarang, Gatra.com- Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI asal Jawa Tengah, Dr Abdul Kholik, SH MSi menggelar lomba penulisan materi khutbah Jumat berhadiah total Rp30 juta.

Menurut Abdul Kholik, khutbah memiliki kedudukan sangat penting dalam rangkaian ibadah sholat Jumat sekaligus sarana memberikan pemahaman ajaran-ajaran agama dan membangun kesadaran mengamalkan dalam pelbagai kehidupan kemasyarakatan.

Selain itu khutbah Jumat juga dapat dijadikan sebagai media untuk membahas dan memberikan solusi bagi problem kemasyarakatan yang aktual sejalan dengan ajaran agama.

“Dengan demikian khutbah Jumat sangat strategis untuk transformasi perilaku, ahlak setiap umat dalam menyikapi perubahan dan kebutuhan zaman, baik dalam hubungan dengan Allah (hablumminallah) dan hubungan kemasyarakatan (habluminnas),” katanya dalam rilis, Rabu (17/11).

Berdasarkan hasil pemetaan permasalahan yang dihimpun dari hasil kunjungan dan dialog kemasyarakatan, lanjut Abdul Kholik ditentukan tiga tema lomba yakni tertib lalu lintas, pemulihan ekonomi masyarakat, dan penanggulangan sampah berbasis kelestarian lingkungan.

Anggota DPD asal Cilacap ini mencontohkan, soal tema tertib lalu lintas karena angka kasus laka lantas di Jateng mencapai kurang lebih 22 ribu kasus dengan korban jiwa mencapai 12 ribuan per tahun (data Tahun 2020).

Kondisi ini menunjukkan betapa berbahayanya jalan raya bagi warga dan setiap saat bisa jatuh korban jiwa akibat laka lantas. “Melalui mimbar khutbah Jumat, khatib bisa menyampaikan materi soal akhlak berkendara di jalan raya untuk menghindari kecelakaan,” tandasnya.

Peserta dapat memilih tiga tema tersebut sebagai materi tulisan lomba. Hasil lomba akan menjadi materi khutbah untuk menanamkan nilai-nilai ajaran agama dalam membentuk ahlakulkarimah.

Total hadiah yang disediakan Rp30 juta dengan perincian untuk juara I Rp5 juta, juara II Rp3 juta, dan juara III Rp2 juta, serta 20 naskah terpilih masing-masing mendapatkan Rp1 juta.

Agenda pelaksanaan lomba, persiapan dan publikasi, dilaksanakan 15 November -14 Desember 2021. Pengumpulan naskah 15 Desember 2021-19 Februari 2022. Penilaian naskah 20 -27 Februari 2022, dan pengumuman pemenang 28 Februari 2022. “Lomba terbuka untuk umum dengan memilih salah satu tema. Naskah yang masuk menjadi hak panitia penyelenggara,” kata Abdul Kholik. Informasi lebih lanjut bisa hubungi [email protected] dan kontak Ali Muhson, 085641118581.

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS