Home Ekonomi Kopi Antar Banjarnegara Nominator KaTa Kreatif 2021 Versi Kemenparekraf

Kopi Antar Banjarnegara Nominator KaTa Kreatif 2021 Versi Kemenparekraf

Banyumas, Gatra.com – Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah (Jateng), mengikuti seleksi tahap akhir nominasi 11 Kabupaten/Kota (KaTa) Kreatif Indonesia 2021 yang diselenggarakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Plh Bupati Banjarnegara, Syamsudin berkesempatan menyampaikan paparan di hadapan para juri mengenai pengembangan kuliner kopi sebagai subsektor ekonomi kreatif unggulan secara virtual di ruang rapat Bupati Banjarnegara, Senin (22/11). Pengembangan kopi di Banjarnegara, ternyata memengaruhi subsektor ekonomi kreatif lainnya, seperti pariwisata.

Dicontohkannya, pengembangan destinasi kopi di Desa Babadan, Kecamatan Pagentan, Banjarnegara. Selain itu, kopi dan pariwisata juga mendorong subsektor kriya melalui desain kemasan dan branding produk serta penyajian kopi. “Bahkan, seni pertunjukan, musik, fotografi dan film terkena dampak positif sebagai media promosi kopi,” ulas Syamsudin, dikutip dari keterangan tertulisnya.

Menurutnya, efek berantai tersebut menggambarkan peran kopi sebagai subsektor unggulan berpengaruh mendorong sub sektor ekonomi kreatif lainnya. "Semakin banyak kedai-kedai kopi dan barista di Banjarnegara," ucapnya.

Dengan semakin populernya kopi di tengah masyarakat, dia berharap kopi bisa menjadi komoditas yang dapat meningkatkan perekonomian dan menambah daya tarik wisata. Syamsudin menjelaskan, ada lima rantai proses dalam pengembangan ekonomi kreatif subsektor kuliner kopi di Kabupaten Banjarnegara, yaitu kreasi, produksi, distribusi, konsumsi dan konservasi.

"Selain nilai ekonominya, kopi juga memiliki nilai ekologis tinggi untuk konservasi di wilayah Kabupaten Banjarnegara," ujarnya

Sementara, Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kemenparekraf/Baparekraf, Vinsensius Jemadu saat memberikan sambutan menyampaikan, ada 54 kabupaten dan kota yang mengikuti program KaTa Kreatif. kabupaten dan kota tersebut telah melewati beberapa tahap seleksi dan sudah dilakukan penilaian oleh tim. "Dari hasil seleksi itu didapatkan nominasi 11 kabupaten dan kota," katanya.

Jamadu menjelaskan, program ini juga bertujuan untuk mendorong pengembangan potensi pariwisata dan ekonomi kreatif kabupaten dan kota di Indonesia. Selain diikutioleh Kabupaten Banjarnegara, seleksi tahap akhir KaTa Kreatif Indonesia 2021 ini juga diikuti oleh 10 kabupaten/kota lain, yaitu Kabupaten Wakatobi, Kota Pekalongan, Kota Cimahi, Kota Salatiga, Kabupaten Wonosobo, Kota Ambon, Kota Bandung, Kabupaten Karanganyar, dan Kabupaten Tanah Datar.

1323