Home Sumbagteng Programnya KTP, Penjualan Tumbuh Berkali Lipat

Programnya KTP, Penjualan Tumbuh Berkali Lipat

103

Pekanbaru, Gatra.com - Inisiatif Hyperlocal Tokopedia yang diluncurkan pertengahan tahun lalu mulai dirasakan manfaatnya oleh para usahawan lokal, tak terkecuali di Pekanbaru, Riau.

Sebab inisiatif ini telah mampu mendongkrak penjualan produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di wilayah setempat berkali lipat.

Leni Snacks misalnya. transaksi UMKM makanan ringan asal Pekanbaru ini mengalami peningkatan setelah ikut program Kumpulan Toko Pilihan (KTP). KTP sendiri adalah turunan dari inisiatif hyperlocal.

"Setelah ikut program KTP, kami bahkan mampu mengirim hingga 600 pesanan setiap bulannya," cerita Leni, pemilik Leni Snacks.

Untuk memenuhi pesanan itu kata Leni, dia malah sudah bisa memberdayakan ibu-ibu di sekitar tempat tinggalnya. Ini tentu sangat membantu memulihkan perekonomian keluarga.

"Peluang berkembang melalui KTP ini sangat besar. Ini kelihatan dari pertumbuhan transaksi pegiat usaha lokal di Pekanbaru yang tumbuh hingga lebih dari 8 kali lipat. Salah satunya Leni Snack tadi," kata Head of Regional Growth Expansion (RGX) Tokopedia, Trian Nugroho, Selasa (23/11).

Selain di Pekanbaru, program KTP ini kata Trian sudah hadir di Medan, Palembang, Bandung, Semarang, Solo, Surabaya, Malang dan Makassar. Trian yakin KTP akan tumbuh di kota-kota lain.

"Tokopedia berharap inisiatif seperti ini bisa membuat UMKM di seluruh Indonesia punya kesempatan yang sama dalam mengembangkan usahanya," Trian berharap.

Sebab inisiatif turunan Hyperlocal ini tidak hanya mempermudah UMKM lokal, tetapi juga membantu masyarakat umum memenuhi kebutuhannya.

"Kampanye yang disesuaikan dengan masing-masing daerah akan memudahkan masyarakat mengakses produk kebutuhan dari penjual terdekat dengan beragam penawaran. Ini akan membikin berbelanja akan lebih efisien," katanya.


 

 

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS