Home Pendidikan Presiden Jokowi Dorong Pemulihan Pendidikan di Hari Guru Nasional 2021

Presiden Jokowi Dorong Pemulihan Pendidikan di Hari Guru Nasional 2021

Jakarta, Gatra.com – Pada peringatan Hari Guru Nasional 2021 yang jatuh pada hari ini, Rabu (25/11), Presiden Jokowi mendorong adanya pemulihan pendidikan setelah setelah sistem pendidikan Indonesia ditimpa wabah pandemi Covid-19 selama hampir dua tahun belakangan ini.

“Hampir dua tahun dalam selubung pandemi global, dunia pendidikan di tanah air tetap berjalan meski dengan penyesuaian di sana-sini. Semua itu bisa berlangsung berkat inovasi, kreativitas, adaptasi teknologi, dan tentu saja dedikasi para guru untuk tetap setia mengawal pendidikan generasi muda,” ujar Jokowi melalui akun Twitter resminya @Jokowi.

Pada peringatan Hari Guru Nasional pada tahu ini, tema yang diusung adalah “bergerak dengan hati, pulihkan pendidikan”. Jokowi meminta berbagai pihak untuk saling bahu-membahu memulihkan sistem pendidikan Idnonesia yang terdampak pandemi.

“Kini, seraya bekerja keras mengakhiri pandemi ini, mari bergandeng tangan untuk bersama memulihkan pendidikan,” kata Jokowi.

Sementara itu, Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin, lebih memberi penekanan pada peran guru. Menurutnya, peran guru sangat vital, bahkan tidak tergantikan dalam menavigasi putra-putri bangsa di tengah berbagai tantangan dunia modern dan kemajuan teknologi.

Oleh karena itu, Wapres menegaskan bahwa pemerintah akan terus meningkatkan kesejahteraan para guru sebagai penyemai tunas bangsa tersebut. “Pemerintah akan terus memperbaiki kualitas pendidikan, termasuk meningkatkan kesejahteraan guru,” tegas Wapres, seperti dilansir oleh laman resmi Sekretariat Kabinet RI pada Kamis, (25/11/2021).

Wapres kemudian mengingatkan bahwa guru bukan sekadar profesi, melainkan bakti mulia para pendidik untuk membentuk karakter, mengasah kemampuan, dan mempersiapkan masa depan sebuah bangsa.

“Pasca bom atom dijatuhkan di Hiroshima dan Nagasaki pada tahun 1945, gurulah yang menjadi tumpuan bangsa Jepang untuk bangkit membangun kembali negerinya yang sudah porak-poranda,” kata Ma’ruf.

Dalam konteks perjuangan nasional, Wapres juga menyebut bahwa Indonsia punya pahlawan-pahlawan pendidikannya sendiri. “Kita pun memiliki pahlawan-pahlawan kemerdekaan yang membaktikan diri sebagai pendidik anak bangsa, seperti Ki Hajar Dewantara, Dewi Sartika, serta lainnya,” sebutnya.

“Jasa mereka sangat besar karena selain menjadi teladan dan suluh kehidupan, guru juga telah menjadi sumber kekuatan bagi kemajuan bangsa,” tegas Ma’ruf.

Untuk itu, pada momen peringatan Hari Guru Nasional ini, Wapres mengucapkan terima kasih atas segala dedikasi para guru. “Kepada kalian para guru, kami semua mengucapkan terima kasih atas dedikasi kalian yang tulus dalam menyemai tunas-tunas bangsa,” ungkapnya.

253