Home Info Sawit Menggenjot PSR di Jambi

Menggenjot PSR di Jambi

Jambi, Gatra.com - Progam replanting atau peremajaan perkebunan kelapa sawit di Provinsi Jambi direncanakan berlangsung hingga tahun 2024 mendatang. PUSKUD Provinsi Jambi menyiapkan bibit berkualitas untuk mendukung suksesnya pelaksanaan replanting.

"Replanting butuh dukungan dengan tersedianya bibit sawit yang bagus," kata Yan Novizal, anggota tim teknis penangkaran bibit kelapa sawit PUSKUD Jambi, seperti dilansir elaeis.co kemarin.

Menurutnya, jenis bibit sawit yang dijual PUSKUD Jambi adalah varietas PPKS DxP 540. "Ini adalah bibit resmi dan bersertifikat" katanya.

PUSKUD Provinsi Jambi memiliki lahan pembibitan kelapa sawit sendiri seluas 10 hektar di Desa Muaro Sebapo Kecamatan Mestong Kabupaten Muaro Jambi. "Jumlah bibit yang tersedia berkisar 50 ribu hingga 110 ribu batang," katanya.

"Adapun harga untuk setiap bibit adalah Rp 38 ribu dengan usia 12 bulan," tambahnya.

Menurutnya, sepanjang setahun terakhir PUSKUD Jambi telah menjual ribuan bibit sawit kepada sejumlah KUD di Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Pasokan itu sepenuhnya untuk memenuhi kebutuhan replanting perkebunan sawit di sana.

"Saat ini PUSKUD Jambi menjual bibit kepada KUD Harapan Jaya yang mengikuti replanting melalui program Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS)," kata Novizal.

Pihaknya menargetkan menjual 50 ribu bibit dalam setahun. "Ini adalah tupoksi dari PUSKUD sendiri," katanya.