Home Hiburan Anjing Merah Raksasa Baik Hati dalam ‘Clifford the Big Red Dog’

Anjing Merah Raksasa Baik Hati dalam ‘Clifford the Big Red Dog’

559

Jakarta, Gatra.com – Guk, guk, guk. Anjing baik hati mungkin sudah biasa. Yang tak biasa adalah anjing raksasa, berbulu merah menyala, yang tak hanya baik tapi juga heroik. Itulah Clifford, anjing yang merupakan karakter utama dalam buku seri anak-anak karangan Norman Bridwell. Novel tersebut terbit pertama kali pada 1963 di Amerika Serikat. Penerbit Scholastic sudah menerbitkan setidaknya 80 judul. Sejumlah cerita telah digarap menjadi serial kartun televisi juga gim video. Terbaru, Paramount Pictures membuat versi live-action yang diberi judul Clifford the Big Red Dog.

Clifford sedang sedih. Anak anjing yang baru berusia dua tahun itu tiba-tiba terpisah dari ibu dan saudara-saudaranya. Luntang-lantung, dia pun menjelajah jalanan Kota New York sendirian. Tak disangka, dia bertemu dengan pria nyentrik pecinta hewan, Bridwell (John Cleese) dan memberi Clifford tempat tinggal yang nyaman.

Salah satu adegan dalam film Clifford the Big Red Dog. (Dok. Paramount Pictures Corporation/fly)

Sementara itu, Emily (Darby Camp) masih sulit menyesuaikan diri di sekolah barunya yang elit. Gadis 12 tahun itu sempat kesal karena ketika ibunya, Maggie (Sienna Guillory) harus ke luar kota, dan Emily ditinggal bersama sang paman, Casey (Jack Whitehall). Paman yang pengangguran dan ceroboh.

Dalam perjalanan ke sekolah, pandangan Emily tertumbuk pada tenda Bridwell. Setelah membujuk Casey sedemikian rupa, Emily pun diperbolehkan membawa pulang Clifford yang ketika pertama bertemu itu tubuhnya masih kecil dan normal. “Ukurannya nanti akan menjadi sesuai dengan seberapa besar cinta yang kamu berikan padanya,” pesan Bridwell pada Emily.

Salah satu adegan dalam film Clifford the Big Red Dog. (Dok. Paramount Pictures Corporation/fly)

Keesokan harinya, ucapan Bridwell itu langsung menjadi nyata. Clifford mendadak menjadi raksasa, dengan tinggi mencapai delapan meter. Panik, Casey dan Emily kelabakan mencari cara agar Clifford bisa kembali normal. Cara satu-satunya adalah meminta bantuan Bridwell yang sayangnya sudah tak diketahui jejaknya. Dengan dibantu teman sekolahnya, Owen (Izaac Wang), ketiganya lantas menjelajah kota mencari Bridwell.

Keadaan makin gawat karena bos perusahaan besar Lyfegro, Tieran (Tony Hale) mengklaim kalau Clifford adalah hasil rekayasa laboratorium mereka. Ketiganya pun berpacu dengan Tieran dan kelompoknya untuk menyelamatkan Clifford dan membuktikan pada dunia bahwa Clifford tidak berbahaya.

Salah satu adegan dalam film Clifford the Big Red Dog. (Dok. Paramount Pictures Corporation/fly)

Seperti film anak-anak pada umumnya, film yang satu ini juga sarat dengan pesan moral positif. Percaya pada diri sendiri, berani tampil beda, juga berani bersuara adalah beberapa di antaranya. Dengan cerita yang ringan ditambah bumbu-bumbu komedi, film ini cocok ditonton bersama anak semua umur.

Para penulis skenario Jay Scherick, David Ronn, Blaise Hemingway, Justin Malen, dan Ellen Rapoport cukup berhasil menyusun film yang sederhana tapi tetap menghibur untuk seluruh keluarga, karena ada sesuatu untuk dinikmati di sini bagi semua penonton, tanpa memandang usia. Alur ceritanya menyenangkan dan menghibur dari awal hingga akhir.

Salah satu adegan dalam film Clifford the Big Red Dog. (Dok. Paramount Pictures Corporation/fly)

Harus dikatakan bahwa efek CGI dalam film ini juga bagus. Anak anjing merah yang besar itu terlihat realistis dan dapat dipercaya. Walau seukuran raksasa, Clifford tetap menggemaskan seperti anak anjing pada umumnya.

Bagi para penggemar genre film keluarga, maka wajib meluangkan waktu untuk duduk dan menonton Clifford the Big Red Dog. Rumornya, studio Paramount tengah menggarap sekuel Clifford.

Film berbudget produksi US$64 juta ini tadinya dijadwalkan untuk premiere pada Toronto International Film Festival (TIFF) 2021, untuk kemudian disusul pemutaran di bioskop AS pada September. Tapi lantas batal tayang di TIFF. Sebelumnya, Clifford the Big Red Dog sempat diputar pada acara CinemaCon di Los Angeles, Agustus silam. Film ini lantas dirilis bersamaan di bioskop AS dan secara digital di Paramount+ pada 10 November 2021 dan sejauh ini sudah meraup pendapatan US$68 juta.

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS