Home Regional Waspada Omicron Menjadi Fokus Operasi Lilin Candi Tahun 2021

Waspada Omicron Menjadi Fokus Operasi Lilin Candi Tahun 2021

Kebumen, Gatra.com - Menjelang perayaan Natal 2021 dan Tahun Baru (Nataru) 2022, Operasi Lilin Candi 2021 resmi digelar. Operasi rutin tahunan itu mulai tanggal 24 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022.

Apel gelar pasukan dilaksanakan di halaman Mapolres Kebumen, Kamis (23/12) ditandai dengan pemasangan pita tanda Operasi Lilin. Bupati Kebumen, Jawa Tengah, Arif Sugiyanto memimpin apel gelar pasukan tersebut.

"Pelaksanaan pengamanan Nataru ini tidak terlepas dari kebijakan Pemerintah, melalui Inmendagri Nomor 66 Tahun 2021 tentang pencegahan dan penanggulangan Covid-19 pada saat Natal 2021 dan Tahun Baru 2022," kata Arif Sugiyanto.

Tema Operasi Lilin tahun ini yaitu, 'Melalui Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin-2021, kita tingkatkan sinergi Polri dengan instansi terkait dalam rangka memberikan rasa aman dan nyaman pada perayaan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022'.

Perayaan Hari Raya Natal dan Tahun Baru (Nataru) sudah menjadi bagian dari tradisi masyarakat Indonesia untuk melaksanakan kegiatan ibadah, berkumpul, dan bersuka cita bersama dengan keluarga serta merayakan pergantian tahun di berbagai lokasi.

Hal ini akan meningkatkan mobilitas dan aktivitas masyarakat, sehingga berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas dan kamseltibcarlantas.

Kapolres Kebumen, AKBP Piter Yanottama mengungkapkan bahwa, selain fokus pada pengamanan libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022, Polres Kebumen juga masih fokus melakukan pengendalian Covid 19.

"Dalam pengamanan ini yang paling utama adalah mencegah transmisi penyebaran Covid-19. Meski di Kebumen Covid-19 masih sangat terkendali, namun masyarakat tidak euforia," jelas Piter.

Perkembangan masuknya varian Omicron di Indonesia turut menjadi kewaspadaan pada Operasi Lilin Candi. Masyarakat harus bersama-sama berupaya agar varian Omicron tidak meluas di tanah air.

Untuk menyukseskan Operasi Lilin, Polres Kebumen menyiapkan beberapa pos selama operasi. Antara lain, pos pelayanan terpadu, pos pantau arus lalu lintas, pos pengamanan gereja, pos pengamanan objek wisata dan pos pengamanan pusat perbelanjaan.

Polres Kebumen menerjunkan 454 personel dengan dibackup instansi terkait selama pelaksanaan Operasi Lilin Candi 2021.

1344