Home Lingkungan Pertamina dan Pemkab Cilacap Tanam Ribuan Pohon

Pertamina dan Pemkab Cilacap Tanam Ribuan Pohon

1139

Cilacap, Gatra.com – PT Kilang Pertamina Internasional RU IV Cilacap, bersama Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Cilacap dan relawan lingkungan  melakukan penanaman pohon Cemara Laut untuk menahan abrasi dan mitigasi bencana alam, di pesisir Pantai Tegalkamulyan, Cilacap Selatan.

 

 

 

 

Pjs. GM PT Kilang Pertamina Internasional RU IV, Didik Subagyo, mengatakan penanaman pohon ini juga sebagai upaya mitigasi guna meminimalisir dampak saat terjadi bencana alam. Selain itu juga sebagai wujud kehadiran PT Kilang Pertamina Indonesia RU IV dalam upaya pelestarian lingkungan di Kabupaten Cilacap.

 

 

 

Penanaman ini, lanjutnya  bertujuan menjaga kondisi lingkungan sekaligus dalam rangka pembukaan Bulan K3 dan memperingati Hari Sejuta Pohon Internasional. Dipilihnya pohon dari jenis Cemara Laut tidak lepas dari kemampuannya dalam melindungi abrasi dan juga pemecah angin. Kali ini, cemara yang ditanam berjumlah 3.000 batang.

 

 

 

 

“Pohon Cemara Laut ini merupakan salah satu tumbuhan yang berfungsi sebagai benteng atau pelindung dari abrasi dan tsunami, selain itu juga pohon Cemara Laut berfungsi sebagai pemecah angin atau wind barrier terutama pada kawasan rentan terhadap angin kencang,” kata Didik, dalam keterangannya, dikutip Sabtu malam (22/1).

 

 

 

 

Dalam kegiatan yang bertema ‘Tanam dan Rawat Pohon untuk Pantai Kita’ tersebut, hadir Bupati Cilacap H. Tatto Suwarto Pamuji, Forkopimda, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Cilacap Sri Murniyati, Camat Cilacap Selatan Bintang Dwi Cahyono, jajaran PT Kilang Pertamina Internasional RU IV dan relawan lingkungan.

 

 

 

 

Bupati Cilacap, Tatto Suwarto Pamuji menyambut baik kegiatan ini dan mengapresiasi upaya PT Kilang Pertamina Indonesia RU IV dalam meminimalisir dampak perubahan iklim.

 

 

 

 

“Harapan saya, mudah-mudahan kegiatan ini dapat dilaksanakan secara berkesinambungan, karena benar-benar dapat dirasakan manfaatnya, selain untuk menjaga kelestarian lingkungan juga untuk meminimalisir dampak perubahan iklim, salah satunya abrasi pantai akibat kenaikan permukaan air laut khususnya di area Pantai Tegalkamulyan,” katanya.

 

 

 

 

Pada kesempatan tersebut diserahkan penghargaan kepada PT Kilang Pertamina Internasional RU IV dari Bupati Cilacap atas pembinaan dan kerja samanya dalam mendukung Program Kampung Iklim (Proklim) di Kabupaten Ciacap.

 

 

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS