Home Internasional Potongan Berlian Terbesar di Dunia akan Dilelang

Potongan Berlian Terbesar di Dunia akan Dilelang

Dubai, Gatra.com - Sebuah berlian hitam seberat 555,55 karat tampak mengejutkan, dipamerkan di Dubai minggu lalu. Berlian tersebut akan dilelang di Sotheby's dan sesuai dengan namanya "The Enigma."

“Penawaran dibuka pada 3 Februari pukul 6 pagi PST (14.00 GMT) dan ditutup pada 9 Februari, kata Sotheby, dikutip Reuters, Kamis (27/1). 

Dalam penawaran tersebut transaksi dengan sistem  cryptocurrency juga akan diterima sebagai pembayaran berlian tersebut.

Sotheby's mengatakan bahwa berlian itu adalah Fancy Black Diamond terbesar yang diketahui pernah muncul di pelelangan dan terdaftar sebagai berlian terbesar di dunia dalam Guinness Book of World Records 2006.

Selain itu juga dikenal sebagai berlian carbonado, dan ada kemungkinan berlian hitam itu berasal dari luar angkasa. Carbonados dari struktur ini hanya ditemukan di Brasil dan Republik Afrika Tengah, dan para ilmuwan telah lama berteori tentang asal-usul mereka.

"Mereka diselimuti misteri tentang asal usul atau formasinya karena tidak banyak ditemukan di Bumi," kata ahli geologi Aaron Celestian, kurator ilmu mineral di Museum Sejarah Alam Los Angeles, kepada Reuters, Rabu.

Celestian mengatakan sebagian besar carbonado berusia sekitar 2,6 hingga 3,2 miliar tahun. Karena Bumi itu sendiri berasal dari 4,65 miliar tahun yang lalu. 

“Karbonados terbentuk ketika lempeng bumi masih bergerak dan oksigenasi atmosfer sedang berlangsung,” katanya.

“Kami berpikir bahwa mereka bisa saja terbentuk sangat dalam di bagian dalam bumi, jauh lebih dalam dari apa yang sudah kita ketahui tentang berlian. Ada hipotesis yang menunjukkan bahwa mereka terbentuk di lokasi tumbukan di mana asteroid besar menabrak Bumi,” kata Celestian.

"Ada juga hipotesis antarbintang yang menunjukkan bahwa mereka tumbuh di luar angkasa dan kemudian jatuh di permukaan Bumi,” tambahnya.

Enigma belum pernah dipamerkan sebelumnya dan diperkirakan akan dijual antara US$4 juta dan US$7 juta. Pemiliknya telah menguasainya selama dua dekade, meski sedikit yang diketahui tentang sejarahnya sebelum itu.

Celestian percaya penelitian tentang berlian akan memberi tahu banyak hal tentang mineralogi bumi dalam atau evolusi tata surya.

Berlian itu diperlihatkan di Beverly Hills minggu ini sebelum kembali ke London untuk dilelang.

446