Home Lingkungan Makam Kuno Diperkirakan Berusia 500 Tahun Ditemukan di Blora

Makam Kuno Diperkirakan Berusia 500 Tahun Ditemukan di Blora

1295

Blora, Gatra.com - Warga Desa Brumbung Kecamatan Jepon Kabupaten Blora dikejutkan dengan penemuan makam kuno yang diperkirakan berusia 500 tahun lebih. Makam tersebut ditemukan di halaman rumah salah satu warga bernama Baharuddin.

Baharuddin mengungkapkan bahwa dia menerima kabar ada makam berusia 561 tahun tersebut setelah mendapatkan petunjuk gaib.

Setelah petunjuk tersebut, Baharuddin mengaku melaporkan ke ahli sejarah makam-makam tua yang biasa berkomunikasi secara gaib untuk memastikan kebenaran keberadaan makam tersebut.

“Dari keturunan mendapatkan petunjuk, lantas saya minta tolong ahli sejarah dari Tuban Jawa Timur untuk menindaklanjutinya dengan melakukan penggalian," ucapnya Kamis (3/2).

Baharuddin mengatakan saat tim melakukan penggalian di kedalaman sekitar 25 cm dari permukaan tanah menemukan sepasang batu nisan dengan huruf Jawa bertuliskan Kusumo Hadiningrat. Pada batu nisan makam bertuliskan aksara Jawa bertahun 1461.

“Setelah penggalian, tanah galian kemudian dikembalikan dengan diberikan tanda pagar bambu sekelilingnya, sambil kita laporkan ke pihak desa bahwa ada temuan makam tersebut,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kepemudaan, Olah Raga, Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Blora Kunto Aji melalui Kepala Seksi Sejarah dan Purbakala Dinporabudpar Eka Wahyu Hidayat, saat dikonfirmasi wartawan mengatakan akan segera menindaklanjuti laporan masyarakat tersebut.

“Kita akan tindaklanjuti laporan masyarakat tersebut bersama Tim Pendaftaran Cagar Budaya dan Tim Ahli Cagar Budaya Kabupaten Blora,” terangnya.

Eka mengatakan, Dinporabudpar Blora akan melakukan pendataan dan inventarisasi terkait dengan temuan tersebut.

“Karena temuan tersebut adalah obyek diduga cagar budaya, untuk itu akan kami lakukan pendataan dan inventarisir temuan di lapangan sebagai salah satu bentuk perlindungan cagar budaya,” jelasnya.

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS