Home Ekonomi Akuisisi Listee, Yummy Corp Perkuat Ekosistem Kuliner Online

Akuisisi Listee, Yummy Corp Perkuat Ekosistem Kuliner Online

 

Jakarta, Gatra.com- Yummy Corp, perusahaan teknologi makanan di bidang penyedia fasilitas makanan telah resmi mengakuisisi Listee, platform penyedia layanan manajemen order dan penjualan melalui social media.

"Akuisisi ini kami yakini akan memperluas jangkauan kami terhadap UMKM di Indonesia untuk memiliki akses akan sebuah platform yang mendukung pertumbuhan usaha mereka," ungkap CEO Yummy Corp, Mario Suntanu dalam keterangan tertulisnya, Senin (7/2).

Sebelumnya di bulan Desember 2021, Yummy Corp resmi menggabungkan tim MyBrand. Begitu juga dengan Listee, tim dari Listee akan bergabung dengan Yummy Corp guna dapat
membantu memaksimalkan visi dan misi dalam membantu UMKM berjualan kuliner online.

"Bergabungnya Listee beserta tim mereka yang solid akan menambah kekuatan tim Yummy Corp di tahun ini akan mewujudkan mimpi kami menjadi ekosistem terbesar untuk industri kuliner di Indonesia," ungkap Mario. 

Selain itu juga, tentunya berperan positif sebagai wadah yang membantu pelaku usaha kuliner dengan berbagai kebutuhan mereka yang sangat beragam. Hingga saat ini merchant yang tergabung dengan Yummyshop, MyBrand dan Listee telah
mencapai kurang lebih 18.000 merchant kuliner di seluruh Indonesia.

Adanya akuisisi ini diharapkan menjadi awal terciptanya berbagai teknologi yang lebih inovatif untuk industri kuliner
di tahun depan yang tentunya mampu memberikan fitur yang menjawab kebutuhan para pelaku
bisnis kuliner di Indonesia.

"Visi dan misi Yummy Corp saat ini adalah membantu memberikan kemudahan kepada pelaku usaha kuliner terutama UMKM agar dapat menjangkau dan melayani konsumen mereka dengan teknologi yang kami miliki," jelas Mario.

Listee dirintis pada bulan Oktober 2020 sebagai produk beta, sebelum akhirnya dirilis secara publik pada bulan Januari 2021. Platform ini dikembangkan empat orang founder, yakni Melvin Juwono, Gideon Tjahjono serta Obed Tandadjaja dan Marcel Christianis.

Sementara itu, Melvin menambahkan bahwa Listee dikembangkan dengan tujuan melayani segmen pasar esensial, namun seringkali kurang diperhatikan. "Target pasar usaha mikro dan kecil makanan kami tidak hanya mendorong perekonomian Indonesia, tetapi juga menyuntikkan unsur kreativitas dan keragaman yang dikenal masyarakat Indonesia," imbuhnya

Melvin percaya produk Listee memiliki kemampuan untuk menghasilkan produk yang hebat. Ia menyakini, lewat akuisisi ini produknya akan diposisikan secara strategis untuk memanfaatkan sepenuhnya ekosistem Yummy Corp dan mencapai potensinya.

Gideon menuturkan bahwa Listee hadir untuk mengurangi
hambatan bagi pemilik usaha makanan skala kecil untuk menjual secara online. "Kami percaya akuisisi ini akan meningkatkan order experience pelanggan melalui ekosistem, sumber daya dan pengalaman Yummy Corp yang luas," jelasnya.

Menurut dia, tujuan akhir akuisisi ini adalah membuka akses bagi pelaku usaha untuk memanfaatkan ekosistem dan software berkualitas tinggi untuk mengembangkan
bisnis mereka.

68