Home Regional Pemkab Kendal Bangun Empat Gedung Selama Tahun 2021

Pemkab Kendal Bangun Empat Gedung Selama Tahun 2021

Kendal, Gatra.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kendal Jawa Tengah, di tahun 2021 lalu membangun empat gedung baru senilai Rp 25,6 miliar dan merekonstruksi jalan senilai Rp7,8 miliar.

Diketahui empat gedung baru tersebut yakni, Gedung  Layanan Perpustakaan dengan nilai kontrak Rp 9,3 miliar dari Dana Alokasi Khusus (DAK) yang dilaksanakan PT Chimarder 777 di Kelurahan Karangsari. Pembangunan Puskesmas Gemuh II dengan nilai kontrak Rp 5,15 miliar dari anggaran DAK, rehab kantor Kecamatan Kendal senilai Rp 2,28 miliar dari APBD Kendal dan pembangunan Rumah Layak Huni di Desa Penyangkringan Weleri dengan nilai kontrak Rp 8,9 miliar.

Sementara rekontruksi jalan senilai Rp 7,81 miliar dari Bankeu Provinsi Jawa Tengah, dilakukan di ruas jalan Magangan-Darupono.

Bupati Kendal Dico M. Ganinduto mengatakan, banyak pembangunan yang dilakukan pada tahun 2021 mengalami penundaan atau bergeser dari jadwal, karena adanya refocusing.

“Tahun kemarin itu kita fokus pada  penanganan covid-19 sehingga beberapa pembangunan fisik tertunda, namun kita masih mampu merealisasikan pembangunan yang merupakan infrastruktur mendesak,” kata Dico di acara gelar hasil-hasil pembangunan Kabupaten Kendal, sekaligus peresmian gedung Perpustakaan Daerah yang berada di Kelurahan Karangsari, Kamis (10/2).

Dico berharap, gedung perpustakaan yang baru dibangun dapat menjadi pendukung bagi generasi muda untuk berkarya.

Sekretaris Perpustakaan Nasional, Worotiti Hariyanti yang hadir di acara mengaku bersyukur Kabupaten Kendal telah berhasil melaksanakan pembangunan gedung layanan perpustakaan, yang dialokasikan dari anggaran DAK tahun 2021 sebesar Rp10 miliar, dengan prestasi penyerapan 95,01% kategori baik.  

"Keberhasilan pembangunan ini juga harus diimbangi dengan kelengkapan fasilitas lainnya, seperti perabotan, furniture, perangkat teknologi dan koleksi yang lengkap sehingga dapat memberikan kenyamanan bagi masyarakat ketika memanfaatkan perpustakaan," kata Worotiti.

Dia berharap kepada Pemkab Kendal memberikan fasilitas dengan melengkapi layanan perpustakaan ini, dan memberikan dukungan dalam pelaksanaan program serta kegiatan perpustakaan.

"Besar harapan kami layanan perpustakaan ini difungsikan secara maksimal sehingga menjadi ruang akses bagi masyarakat untuk memperoleh pengetahuan dan informasi, yang berguna bagi peningkatan kualitas hidupnya," ujarnya.

73