Home Mikro Dukung Pemberdayaan Ekonomi Disabilitas CIMB Niaga Luncurkan Stall Coffee Sando Seraya

Dukung Pemberdayaan Ekonomi Disabilitas CIMB Niaga Luncurkan Stall Coffee Sando Seraya

29

Jakarta, Gatra.com- PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) mendukung pemberdayaan ekonomi bagi teman disabilitas melalui Peluncuran Stall Coffee Sando Seraya yang berlokasi di kawasan Rawamangun, Jakarta Timur. Pembangunan Stall Coffee Sando Seraya merupakan wujud perluasan Program Pelatihan Barista Teman Disabilitas yang telah diselenggarakan CIMB Niaga selama 2021.

Direktur Compliance, Corporate Affairs and Legal CIMB Niaga, Fransiska Oei menyatakan, konsistensi CIMB Niaga dalam mendukung teman disabilitas merupakan implementasi dari salah satu pilar corporate social responsibility (CSR) CIMB Niaga yaitu Pemberdayaan Ekonomi. CIMB Niaga memberikan bekal keterampilan bagi teman disabilitas agar dapat mandiri secara ekonomi.

“Kami berharap dukungan yang diberikan CIMB Niaga dapat meningkatkan kepercayaan diri dari teman disabilitas karena memiliki keahlian, khususnya sebagai barista," ungkap Fransiska dalam keterangan tertulisnya, Jumat (18/2).

Melalui Stall Coffee Sando Seraya, CIMB Niaga membantu menyediakan wadah pemberdayaan ekonomi bagi teman disabilitas. Hal ini juga sekaligus dapat menjadi tempat magang bagi peserta Pelatihan Barista Teman Disabilitas yang dilakukan CIMB Niaga bekerjasama dengan Yayasan Menembus Batas dan Sunyi Coffee.

Sepanjang 2021, Pelatihan Barista telah dilaksanakan dua batch dengan total peserta 20 teman disabilitas kategori low vision dan tuna rungu. Kini, para alumni pelatihan ini telah bekerja di industri perhotelan serta food and beverage ada 6 orang dan memulai usaha ada 14 orang.

Selama pelatihan, selain mendapatkan materi dasar menjadi barista kopi yang profesional, para peserta juga diberikan pengetahuan tentang literasi keuangan, sehingga dapat mengelola keuangan dengan baik.

"Dengan skill tersebut, teman disabilitas akan memiliki peluang dan kesempatan yang setara dengan teman-teman non-disabilitas. Baik dalam mendapatkan kesempatan bekerja ataupun membuka peluang usaha di bidang food and beverage yang sedang berkembang,” kata Fransiska.

Seperti diketahui, Stall Coffee Sando Seraya kini telah beroperasi di Jalan Rawamangun Muka Timur No. 34, Jakarta Timur dan menyediakan beragam menu kopi dan sandwich. Selain dapat dipesan langsung, beragam menu racikan para teman disabilitas tersebut juga dapat dipesan melalui aplikasi pemesanan online seperti GoFood dari GoJek.

Ke depan, CIMB Niaga akan terus mendukung pemberdayaan teman disabilitas sehingga mampu mandiri secara ekonomi melalui penyelenggaraan pelatihan-pelatihan keterampilan siap pakai.

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS