Home Lingkungan Dukung Ekonomi Sirkular, Ini Upaya Yang Dilakukan Chandra Asri

Dukung Ekonomi Sirkular, Ini Upaya Yang Dilakukan Chandra Asri

Jakarta, Gatra.com- Turut mendukung Pengelolaan Sampah di Indonesia Berbasis Ekonomi Sirkular, PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (Chandra Asri) telah merealisasikan 50,8 kilometer jalan yang implementasinya menggunakan aspal plastik hingga Desember 2021. Dimana ada 37,5 juta lembar plastik serta mengelola plastik dari Tempat Pembuangan Akhir (TPA) hingga 282 Ton.

“Sebagai mitra pertumbuhan yang dapat diandalkan, kami secara aktif berkolaborasi dengan stakeholders dalam menciptakan program keberlanjutan untuk mengatasi permasalahan sampah plastik," kata Direktur Chandra Asri, Edi Rivai dalam Media briefing “Waste Management in Indonesia” HPSN 2022, Senin (21/2).

Adapun Chandra Asri telah menggandeng beberapa mitra kolaborasi baik dari pemerintahan pusat, pemerintah daerah, pihak swasta dan juga dengan lembaga pendidikan, yakni Universitas Indonesia. "Kami masih melanjutkan flagship program kami, Aspal Plastik, dan siap menggandeng lebih banyak lagi mitra untuk bersinergi," jelas Edi.

Sebagai informasi, penggunaan sampah plastik kantong kreset sebagai campuran asoak dapat meningkatkan stabilitas jalan hingga 40%. Hal ini juga sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 83 Tahun 2018 dimana jalan aspal plastik menjadi salah satu rencana aksi nasional dalam mengurangi sampah di laut.

Selain itu, lanjut Edi, Chandra Asri juga melakukan pengelolaan sampah terintegrasi lewat IPST Asari di Cilegon. "Kami juga membina fasilitas pengelolaan sampah terintegrasi IPST Asari di Cilegon serta mendukung program Pemerintah DKI, Jakarta Recycle Center," katanya.

IPST Asari merupakan tempat pengelolaan sampah terpadu dengan fasilitas 8.000 kg sampah plastik per bulandan mengoperasikan mesin pirolisis berkapasitas 100kg/batch. Mesin ini mengolah sampah menjadi BBM Plas yang dapat digunakan masyarakat untuk kebutuhan sehari-hari.

"Harapannya akan semakin banyak pihak yang turut berpartisipasi dalam inisiatif ini untuk bersama-sama mendukung Pemerintah Indonesia mencapai tujuan pengelolaan sampah," ungkap Edi.

Lalu dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional 2022, Chandra Asri juga memulai kampanye internal #NabungSampahPlastik untuk mendorong karyawannya melakukan pemilahan sampah dari rumah dan mengurangi sampah yang akan berakhir di TPA.

Sampah yang terkumpul akan dikelola dan diolah oleh pihak ketiga untuk kembali menjadi bahan baku dan produk bermanfaat lainnya. Kampanye ini akan berlangusng selama satu tahun dan total pengumpulan sampah akan diumumkan pada Hari Peduli Sampah Nasional 2023.

95