Home Olahraga UEFA Pindahkan Final Liga Champions, Sponsorship Gazprom Diminta Dicoret

UEFA Pindahkan Final Liga Champions, Sponsorship Gazprom Diminta Dicoret

Paris, Gatra.com - Badan sepak bola Eropa UEFA telah memindahkan final Liga Champions tahun ini dari St Petersburg, di Moskow ke Paris setelah invasi Rusia ke Ukraina. 

Pernyataan itu dikeluarkan pada Jumat (25/2), dikutip Reuters.

UEFA juga mengatakan bahwa pertandingan kandang klub dan tim nasional Ukraina dan Rusia yang bersaing di kompetisi UEFA, akan dimainkan di tempat netral, hingga pemberitahuan lebih lanjut.

Badan pengelola mengucapkan terima kasih kepada Presiden Prancis Emmanuel Macron, atas dukungan dan komitmen pribadinya dalam menghadapi final.

Ia menambahkan bahwa langkah itu akan sepenuhnya mendukung upaya multi-stakeholder untuk memastikan penyediaan penyelamatan bagi pemain sepak bola, dan keluarga mereka di Ukraina yang menghadapi penderitaan manusia yang mengerikan, kehancuran dan pengungsian.

Sebelumnya, final Liga Champions akan dipentaskan di stadion Zenit St Petersburg pada 28 Mei dengan ribuan pendukung dari seluruh benua, diperkirakan akan menghadiri pertandingan di klub sepak bola Eropa.

Stadion St Petersburg dikenal sebagai Stadion Gazprom menyusul kesepakatan sponsorship dengan perusahaan energi negara Rusia, yang juga mensponsori Liga Champions dan kompetisi tim nasional UEFA Euro 2024.

Langkah untuk menghapus stadion St Petersburg dari final, mengikuti seruan dari sekelompok anggota parlemen Eropa yang meminta UEFA pada Kamis, mengubah tempat dan berhenti mempertimbangkan kota-kota Rusia pada kompetisi sepak bola internasional utama.

Anggota parlemen juga meminta UEFA untuk mengakhiri sponsorship Gazprom untuk kompetisi klub elit benua itu. Namun, pernyataan UEFA pada Jumat tidak menyebutkan Gazprom.

Final Liga Champions 2023 akan dipertandingkan di Istanbul dengan Wembley di London menjadi tuan rumah pada tahun berikutnya dan Allianz Arena di Munich Jerman tempat final pada 2025.

128