Home Kesehatan BRSPDM Margo Laras Pati Penuh, Puluhan Disabilitas Antre Giliran

BRSPDM Margo Laras Pati Penuh, Puluhan Disabilitas Antre Giliran

Pati, Gatra.com – Balai Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Mental (BRSPDM) Margo Laras, Kabupaten Pati, Jawa Tengah, di masa pagebluk ini penuh oleh penyandang disabilitas. Bahkan, saat ini sudah ada puluhan warga yang antre untuk dapat direhabilitasi.

Pegawai BRSPDM Sosial Margo Laras, Giri Purnomo, mengatakan, balai di bawah naungan langsung dari Kementrian Sosial (Kemensos) yang berlokasi di kabupaten berjuluk Bumi Mina Tani ini sudah mempunyai 20 daftar tunggu.

“Saat ini sudah tidak mampu menampung lagi warga penyandang disabilitas mental, baik dari luar daerah maupun dalam daerah,” ujarnya saat menghadiri rapat dengan Komisi D DPRD Pati, Selasa (1/3).

Saat ini, lanjut Giri, sudah ada 110 orang yang direhabilitasi di balai tersebut. Jumlah itu sudah menempati seluruh kamar yang telah disediakan sehingga tidak mungkin dijejali pasien lagi.

“Sementara ini 110, tidak bisa menambahkan lagi. Kalau tambah tidak bisa dilayani dengan baik,” ujarnya.

Selain proses rehabilitasi yang tidak maksimal jika dipaksakan penambahan pasien, makanan dan tempat tidur juga tidak tersedia. Sehingga wajar 20 orang masih mengantre di daftar tunggu.

“Begitu selesai layanan, kita pulangkan dan masukkan yang mendaftarkan. Ada 20 antrean yang mendaftar. Tidak hanya warga dari Pati tetapi dari daerah luar juga yang masuk wilayah kerja kami,” ungkapnya.

1397