Home Ekonomi Wilayah Pinggiran Jadi Sasaran Operasi Pasar Migor

Wilayah Pinggiran Jadi Sasaran Operasi Pasar Migor

Sragen, Gatra.com- Operasi pasar penjualan minyak goreng kemasan bersubsidi menyasar wilayah paling ujung alias pinggiran di Kabupaten Sragen, Jateng. Kesulitan mendapatkan sembako murah itu menjadi alasan pemilihan lokasi operasi pasar.

Pada operasi pasar kali ini, Disperindag Provinsi Jawa Tengah bersama Diskop UKM &Perindag Sragen serta PT Astra Argo Lestari menggelarnya di Kecamatan Miri. Wilayah yang terletak paling barat di Sragen ini sering mengalami kesulitan pasokan sembako. Harga minyak goreng di pasaran umumnya di atas HET, Rp14 ribu per liter.

Informasi adanya pasar murah langsung direspons dengan serbuan ke lokasi. Operasi pasar itu menyediakan 1.800 liter migor untuk masyarakat kurang mampu.

Warga langsung menyerbu lokasi operasi pasar yang dipusatkan di kantor kecamatan tersebut. Setiap warga mendapat jatah satu botol migor ukuran satu liter dengan menebus Rp14.000 seperti HET yang ditentukan pemerintah.

Pejabat Fungsional Diskop UKM & Perindag Sragen Kunto Widyastuti mengatakan operasi pasar itu digelar untuk menjaga ketersediaan stok minyak goreng dan membantu kebutuhan masyarakat yang kurang mampu.

Kecamatan Miri dipilih lantaran merupakan wilayah terpojok yang dinilai tidak memiliki akses untuk berbelanja ke pasar induk atau pusat perbelanjaan. "Kondisi minyak goreng di pasokan masih minim. Pasokan di sini juga minim akhirnya dipilih untuk operasi minyak kali ini," paparnya di sela memantau operasi pasar.

Menurutnya, kegiatan operasi pasar minyak goreng ini sudah digelar untuk kedua kalinya. Yang pertama dilakukan di wilayah Kecamatan Jenar dengan kondisi yang hampir sama dengan wilayah Kecamatan Miri. "Ini ada 1.800 liter. Per warga maksimal beli 1 liter saja biar merata dan masyarakat lain ikut merasakan juga. Ini minyak premium," ujarnya.

Kunto menjelaskan terkait kondisi penyaluran dan penjualan minyak goreng di Sragen yang rendah dan pasokan juga mengalami kesulitan.

2224