Home Sumbagsel Sumsel Terima Alokasi KUR untuk UMKM Senilai Rp8 Triliun

Sumsel Terima Alokasi KUR untuk UMKM Senilai Rp8 Triliun

Palembang, Gatra.com - Sumatera Selatan (Sumsel), mendapat alokasi dana Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) senilai Rp8 triliun pada 2022 ini. Kuota tersebut disalurkan guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan dalam upaya memulihkan perekonomian.

Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian, Airlangga Hartarto, mengatakan penyerahan KUR itu secara berkelompok di Kota Palembang, dan dapat digunakan seluruh UMKM dari berbagai sektor dengan bunga tiga persen sampai dengan akhir tahun mendatang.

“KUR ini nantinya bisa digunakan bebas untuk sebuah sektor UMKM dan pemerintah memberikan bunga enam persen setahun, tapi pemerintah memberikan subsidi tiga persen sampai akhir tahun nanti,” ujar Airlangga usai menyalurkan KUR secara simbolis di Hotel Ariata Palembang, Jumat (4/3).

Menurutnya, Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah serta BUMN berkolaborasi untuk mrnyalurkan KUR untuk para pelaku UMKM. KUR tersebut juga diyakini dapat sangat membantu para pelaku UMKM untuk memajukan usahanya.

“Ya, KUR ini saya yakini bisa menggerakan UMKM dan usaha dalam bentu klaster besar,” katanya.

Sementara itu, Gubernur Sumsel, Herman Deru, mengatakan pemerintah provinsi bersama Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sudah melakukan kegiatan literasi perbankan bagi pelaku UMKM di wilayahnya. Hal tersebut diberikan untuk memberikan pemahaman kepada para pelaku usaha mengetahui kegiatan perbankan.
“Dalam mendorong UMKM berperan dalam peningkatan ekonomi, kami juga sudah melakukan pemahaman tentang literasi perbankan untuk para UMKM jadi nantinya tingkat literasi masyarakat di Sumsel sudah diatas rata-rata,” ujarnya.

Dikatakannya, gagasan yang dilakukan Menko Perekonomian di tengah kondisi pandemi Covid-19 yang belum juga berakhir ini sangat banyak memberikan manfaat bagi masyarakat, khususnya pelaku usaha.

“Banyak terobosan yang dilakukan Pak Menko di tengah pandemi dan disambut baik bagi para pelaku usaha. Pemda akan menjalankan, memonitoring, serta memantau realisasniya,” ujarnya.

Sebagai pemimpin Provinsi Sumsel, dia menjamin masyarakat Sumsel agar tetap patuh mengelola dana KUR. Selain itu, diharapkan pada tahun depan Sumsel akan mendapatkan kuota lebih.

“Saya akan menjamin para penerima dana KUR di Sumsel akan memanfaatkan dananya dengan baik dan kita harap tahun depan Sumsel akan mendapatkan kuota lebih,” katanya.

1132