Home Internasional Amerika Panik, Warga Borong Pil Anti Nuklir, Harga Melonjak 1000%

Amerika Panik, Warga Borong Pil Anti Nuklir, Harga Melonjak 1000%

Washington DC, Gatra.com- Orang Amerika panik membeli tablet potasium iodida karena kekhawatiran perang nuklir dengan Rusia. Meskipun Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit adalah badan Departemen Kesehatan dan Layanan Masyarakat (CDC) memperingatkan bahwa mengonsumsi terlalu banyak pil anti-radiasi dapat mematikan. Daily Mail, 15/03.

Invasi Rusia ke Ukraina terus memicu kekhawatiran akan dampak radioaktif menyusul serangan terhadap salah satu pembangkit nuklir Ukraina, atau bahkan dari bom nuklir .

Itu telah mendorong lonjakan permintaan pil, yang dapat melawan efek keracunan radiasi. Pabrikan IOSAT terjual habis seharga US$14 bungkus pil di situs webnya - dengan tablet yang sama sekarang dijual seharga US$149 di eBay. Naik sepuluh kali lipat atau 1000%.

Mengingat lonjakan permintaan pil potasium iodida, yang dengan sendirinya dan dalam dosis kecil tidak berbahaya, CDC sekarang memperingatkan bahwa mengonsumsil terlalu banyak tablet bisa berakibat fatal.

Iodida radioaktif diketahui merusak tiroid - kelenjar endokrin di leher yang menghasilkan hormon yang mengatur tubuh. Setelah dilepaskan ke atmosfer, ia dapat terhirup ke paru-paru dan mencemari air, tanah, tumbuhan, dan hewan setempat, menurut CDC.

Jika paparan radiasi terjadi, kelenjar tiroid tidak akan dapat melihat perbedaan antara radioiodine dan yodium biasa dan akan menyerap keduanya, dengan terlalu banyak paparan menjadi penyebab utama kanker tiroid.

Tetapi ketika digunakan sesuai petunjuk, kalium iodida dapat dengan cepat menjenuhkan tiroid, berhasil mencegahnya menyerap yodium radioaktif.

CNN telah melaporkan bahwa produsen kalium iodida di AS telah mencatat persediaan yang cepat habis baru-baru ini sehubungan dengan invasi Rusia ke Ukraina yang dimulai pada 24 Februari.

Sementara itu, harga tablet telah dijaga untuk memenuhi permintaan yang terus meningkat. Di eBay Senin, empat kotak tablet kalium iodida Thyrosafe terdaftar seharga US$ 149,50.

Sementara itu, harga tablet telah dijaga untuk memenuhi permintaan yang terus meningkat di eBay. Daftar lain untuk sekotak pil IOSAT 130 mg dijual seharga US$89,95 masing-masing.

Dibandingkan dengan harga normal, tablet IOSAT 14 bungkus, yang dibuat oleh Anbex, masih dijual seharga US$13,99 di situs web produsen, menurut CNN.

Mengingat peningkatan penggunaan pil kalium iodida, CDC telah memperingatkan bahwa dosis tunggal melindungi kelenjar tiroid hanya selama 24 jam, dengan lebih dari satu dosis berpotensi lebih berbahaya daripada baik.

Badan tersebut menambahkan bahwa mengonsumsi lebih dari yang direkomendasikan tidak menawarkan perlindungan lebih dan sebenarnya dapat menyebabkan penyakit parah atau kematian. CDC juga mencatat bahwa tablet juga hanya bekerja paling baik untuk kelompok usia tertentu.

15508