Home Mikro BSN Gandeng Tokomutu Tingkatkan Akses Pasar UMKM

BSN Gandeng Tokomutu Tingkatkan Akses Pasar UMKM

49

Jakarta, Gatra.com- Badan Standarisasi Nasional (BSN) gandeng tokomutu.com sebagai platform pasar digital untuk meningkatkan akses pasar sekaligus mempermudah UKM dalam mendapatkan sertifikasi SNI (Standar Nasional Indonesia). Salah satunya lewat Festival Produk UKM ber-SNI yang berlangsung selama sepekan sejak 26 Maret – 30 Maret 2022.

Bersamaan dengan itu juga dilakukan peresmian platform digital tokomutu.com pada Sabtu (26/3). Tokomutu hadir untuk membuktikan sertifikasi SNI dapat meningkatkan akses pasar produk UKM dan bahwa sertifikasi SNI mudah dan bermanfaat bagi UKM.

“Festival ini menghadirkan produk-produk berkualitas berstandar SNI maupun internasional dari 35 UKM dari Aceh, Pekanbaru, Padang, Palembang, Bandung, Jakarta, Surabaya, Bogor, Bali, Makassar sampai Tidore," ujar Kepala BSN, Kukuh S. Achmad dalam keterangan tertulisnya, Minggu (27/3).

Jenis produknya beragam mulai dari makanan. Seperti, bakso ikan, pempek, rendang serta kopi, serbuk jahe dan air minum dalam kemasan.

Juga mainan anak, sepeda, modul sepeda listrik, kain tenun dan produk kerajinan. "Sebagai representatif dari 560 UKM ber-SNI yang telah tergabung pada tokomutu.com pada saat ini,” kata Kukuh.

Direktur Utama PT Toko Mutu Indonesia, Pramudita Widhi Wasistha mengatakan bahwa tokomutu.com dapat digunakan oleh UKM yang menghasilkan produk ber-SNI sebagai sarana promosi dan pemasaran produk tanpa dipungut biaya (gratis). Toko Mutu berkomitmen meningkatkan akses pasar produk UKM ber-SNI, baik nasional maupun internasional.

Lebih dari itu, pria yang karib disapa Didit itu menyebut, ke depan tokomutu.com diharapkan dapat terkoneksi dengan program pemerintah. Seperti Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Bela Pengadaan LKPP, serta ekosistem digital lainnya.

Baik nasional maupun internasional dengan memanfaatkan Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) dan Kedutaan Besar RI di luar negeri.

“Acara festival ini akan diselenggarakan secara rutin dan akan diintegrasikan dengan promo di tokomutu.com sehingga bisa menarik minat masyarakat untuk membeli produk berkualitas berstandar SNI,” pungkas Didit.

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS