Home Hiburan Buntut Tampar Chris Rock, Oscar Will Smith Bakal Dicabut?

Buntut Tampar Chris Rock, Oscar Will Smith Bakal Dicabut?

134

Los Angeles, Gatra.com - Tamparan aktor Will Smith terhadap komedian Chris Rock di atas panggung Academy Awards alias Oscar, Minggu (27/03) malam, berbuntut panjang. Pihak Akademi menyatakan akan melakukan evaluasi atas insiden tersebut.

Sekitar 9.900 anggota Academy of Motion Picture Arts and Sciences mengecam tindakan Smith di atas panggung Oscar terssebut. “Kami telah resmi memulai evaluasi mengenai insiden tersebut dan akan melihat lebih jauh berdasarkan pada peraturan dan hukum negara bagian California,” demikian pernyataan dari pihak Akademi, demikian dilansir Reuters.

Aturan dari Akademi menyebutkan “melawan segala bentuk pelecehan, kekerasan atau juga diskriminasi dan mengahrapkan para anggota Akademi untuk menjunjung tinggi harga diri manusia, inklusi dan mendukung lingkungan yang menumbuhkan kreativitas”.

Kekerasan yang dilakukan seorang anggota Akademi, bisa mengakibatkan yang bersangkutan terkena penangguhan atau bahkan dikeluarkan dari organisasi, pencabutan penghargaan Oscar yang didapatkan atau kehilangan kesempatan pada penjurian/penghargaan Oscar di masa yang akan datang.

SAG-AFTRA (Screen Actors Guild - American Federation of Television and Radio Artists) yang merupakan organisasi pemain film, jurnalis, penyanyi dan mereka yang berkecimpung di dunia seni, mengecam perbuatan Will Smith dengan menyebutkan bahwa perbuatan itu tidak bisa diterima. SAG-AFTRA bekerja sama dengan pihak Akademi dan stasiun televisi ABC yang menyiarkan secara langsung gelaran Oscar 2022 untuk memastikan bahwa insiden tersebut ditangani secara tepat.

Meskipun jarang terjadi namun pengeluaran seorang aktor/pelaku perfilman bukannya belum pernah terjadi sebelumnya. Produser film Harvei Weinstein dikeluarkan dari Akademi tahun 2017 karena kasus pelecehan seksual yang ia lakukan terhadap puluhan perempuan.

Will Smith menampar komedian Chris Rock di atas panggung Academy Award 2022 karena tak terima istrinya, Jada Pinkett Smith dijadikan bahan guyonan Chris Rock karena rambut gundulnya. Padahal, Jada mengalami kerontokan rambut parah akibat penyakit autoimun alopecia yang dideritanya.

 

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS